PENGARUH KUALITAS SISTEM TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA ONLINE SHOP ( Studi Kasus Pada Pelanggan online shop XPoint, Surabaya)

Main Author: Yusuf , Romadhon
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/4535/1/file1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/4535/2/file2.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/4535/
Daftar Isi:
  • Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksplanatory, yaitu menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh variabelvariabel Kualitas sistem Online shop yang terdiri dari Navigasi (X1), Kemudahan Penggunaan (X2), Waktu Tanggapan (X3), Keamanan (X4), terhadap variabel kepuasan pengguna online shop XPoint (Y). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 66 orang responden yaitu pelanggan online shop XPoint yang pernah melakukan pembelian atau pemesanan melalui sistem online XPoint. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dengan menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Data yang diperoleh diukur dengan menggunakan metode regresi liner berganda sehingga dapat diinterpretasikan dan disimpulkan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan (simultan), variabel bebas yaitu kualitas sistem yang terdiri dari Navigasi (X1), Kemudahan Penggunaan (X2), Waktu Tanggapan (X3), Keamanan (X4), berpengaruh positif terhadap variabel kepuasan pengguna online shop XPoint (Y). Sedangkan secara parsial diketahui bahwa variabel Navigasi (X1), Kemudahan Penggunaan (X2), Waktu Tanggapan (X3), Keamanan (X4), berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan pengguna online shop XPoint (Y). Variabel yang berpengaruh domonan terhadap Kepuasan Pengguna Online shop XPoint (Y) adalah variabel Waktu Tanggapan (X3). Dengan demikian online shop XPoint hendaknya lebih memperhatikan dan meningkatkan kemudahan, navigasi, dan keamanan dalam usaha meningkatkan kepuasan pelanggan online shop XPoint. Kata Kunci : Pengaruh Navigasi (X1), Kemudahan Penggunaan (X2), Waktu Tanggapan (X3), Keamanan (X4), kepuasan pengguna (Y).