TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA TENTANG IKLAN LAYANAN MASYARAKAT ”BKKBN” di TELEVISI (Studi Deskriptif Tingkat Pengetahuan Remaja Di Surabaya Tentang isi pesan Iklan Layanan Masyarakat ”BKKBN Versi Dua Anak Lebih Baik” Di Televisi)

Main Author: BAYU , PRASETIO J
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/4457/1/file1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/4457/2/file2.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/4457/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan tujuannya, iklan terbagi atas iklan komersial dan iklan layanan masyarakat. Semakin bertambahnya jumlah pertumbuhan penduduk saat ini menjadi kekhawatiran akan terjadinya ledakan penduduk pada tahun 2015. Adanya hal tersebut mendorong pemerintah Indonesia untuk membuat kebijakan penting dengan sosialisasi program BKKBN. Sebab, penduduk yang besar tanpa disertai dengan kualitas yang memadai, justru menjadi beban pembangunan dan menyulitkan pemerintah dalam meningkatkan ekonomi dan pembangunan nasioanal. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah tingkat pengetahuan remaja Surabaya tentang iklan layanan masyarakat “BKKBN versi Dua Anak Lebih Baik” di Televisi. Landasan teori dalam penelitian ini menggunakan teori S-O-R. Menurut teori ini efek yang ditimbulkan adalah reaksi khusus terhadap stimulus khusus, sehingga seseorang dapat mengharapkan dan memperkirakan kesesuaian antara pesan dan reaksi komunikan. Selain itu, teori ini menjelaskan tentang pengaruh yang terjadi pada pihak penerima sebagai akibat dari proses komunikasi. Dalam penelitian ini iklan “BKKBN versi Dua Anak Lebih Baik” dapat mempengaruhi tingkat kognisi remaja tentang dua anak lebih baik. Dan Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode probability sampling dengan tekniksample random. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan table frekuensi. Dari hasil pengujian didapatkan hasil tingkat pengetahuan para responden terhadap isi pesan iklan layanan masyarakat tentang “BKKBN versi Dua Anak Lebih Baik” termasuk dalam kategori tinggi. Banyaknya responden yang berada pada kategori tinggi hal ini menunjukan tingginya pengetahuan yang dimiliki responden terhadap isi pesan iklan layanan masyarakat “BKKBN versi dua anak lebih baik, Keyword : Tingkat Pengetahuan, BKKBN