PENGARUH ATRIBUT PRODUK, HARGA, DAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI HANDPHONE BLACKBERRY (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fisip Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur)

Main Author: Rizky, Faizal Rachman
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/4298/1/file1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/4298/2/file2.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/4298/
Daftar Isi:
  • Blackberry adalah perangkat selular yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon, sms, menjelajah internet, messenger (Blackberry Messenger/BBM), dan berbagai kemampuan lainnya. Produk yang ditawarkan Blackberry sangat banyak yaitu kualitas produk, manfaat produk, dan merek produk. Konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli produk Blackberry mempunyai banyak pertimbangan-pertimbangan yaitu seperti atribut produk, harga, dan distribusi yang ada pada Blackberry tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis secara simultan, parsial, dan dominan variabel bebas (X) : Produk (X1), Harga (X2), dan Distribusi (X3), yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel terikat (Y) : terhadap keputusan konsumen dalam membeli Blackberry (Y). Penelitian ini menggunakan data primer dengan populasi konsumen yang membeli Blackberry dengan sampel sebesar 80 responden dan menggunakan teknik proportionate stratified random. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil analisis secara simultan dengan menggunakan uji F didapatkan bahwa Atribut Produk (X1), Harga (X2), dan Distribusi (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli Blackberry (Y), sedangkan hasil analisis secara parsial dengan menggunakan uji t didapatkan bahwa Atribut Produk (X1), Harga (X2), dan Distribusi (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli Blackberry (Y), Harga (X2) memberikan pengaruh paling dominan terhadap keputusan konsumen dalam membeli Blackberry (Y). Kata Kunci : Atribut Produk (X1), Harga (X2), Distribusi (X3), dan Keputusan Membeli (Y).