PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MINUMAN ISOTONIK POCARI SWEAT DI SURABAYA
Main Author: | SILVIA, IKA CAHYANI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.upnjatim.ac.id/4053/1/file1.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/4053/2/file2.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/4053/ |
Daftar Isi:
- Era globalisasi telah menuntut adanya perubahan paradigma lama dalam segala bidang, salah satunya adalah bidang pemasaran. Seiiring perkembangan tersebut masyarakat dihadapkan pada berbagai pilihan dalam mengkonsumsi kebutuhannya sehari-hari. Persaingan yang semakin ketat membuat perusahaan minuman isotonik menggunakan berbagai strategi dan berusaha mendapatkan dan mempertahankan konsumen agar tetap menjadi pelanggannya. Masalah yang dihadapi oleh perusahaan Pocari Sweat adalah rendahnya minat beli yang dilakukan oleh konsumen minuman isotonic untuk berminat membeli minuman Pocari Sweat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh elemen-elemen ekuitas merek terhadap minat beli konsumen. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ekuitas Merek (X) yang memiliki dimensi antara lain : Kesadaran merek (X1), Kesan Kualitas (X2), Asosiasi Merek (X3) dan variabel Dependentnya adalah Minat Beli (Y). Pengukuran dalam penelitian ini menggunakan Semantic Differential Scale. Populasi yang dipergunakan adalah semua orang yang mengenal produk Pocari Sweat dan bertempat tinggal di Surabaya. Teknik penentuan sampel yang dipergunakan adalah non probability sampling dengan menggunakan teknik Purposive sampling sejumlah 110 Responden. Sedangkan untuk pengujian data digunakan analisis SEM ( Struktural Equation Modeling ). Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan analisis SEM bahwa Hipotesis yang menyatakan Diduga Ekuitas merek berpengaruh positif terhadap minat beli minuman isotonik Pocari Sweat di Surabaya dapat diterima atau terbukti kebenarannya, dengan hasil olah data 0,003 � 0,010. Hal ini Ekuitas merek merupakan serangkaian asset dan kewajiban (liabilitas) merek yang terkait dengan sebuah merek, nama dan simbol yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan sebuah produk atau jasa kepada perusahaan atau pelanggan perusahaan tersebut. Jika konsumen merasa puas akan kualitas atau nilai suatu produk maka minat membeli konsumen akan meningkat. Keywords: Ekuitas Merek, Minat Membeli