PENGARUH PESAN IKLAN DI TELEVISI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK POND’S DI DAERAH RUNGKUT, SURABAYA

Main Author: Safrena , Juwita Larasati
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/4050/1/file1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/4050/2/file2.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/4050/
Daftar Isi:
  • Pada saat ini, persaingan antara produsen kosmetik di Indonesia semakin ketat. Para produsen kosmetik di Indonesia berkompetisi untuk menciptakan produk pelembab wajah yang berkualitas dan sesuai dengan para wanita. Dalam penelitian ini selain dipengaruhi secara langsung oleh sikap terhadap iklan, minat beli konsumen dipengaruhi langsung oleh sikap terhadap merek Produk Pond’s, sebagai market leader pelembab wajah di Indonesia mengalami penurunan pangsa pasar akibat datangnya pesaing yang tak kalah hebat. Pond’s telah melakukan tindakan agar para konsumen tetap loyal terhadap merek Pond’s dan melakukan minat beli kembali. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh pesan iklan di televisi terhadap minat beli konsumen produk pond’s. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah seluruh warga rungkut yang pernah melihat dan mengetahui iklan di televisi produk pond’s, dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling dengan jumlah responden 100 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) yang dioperasikan melalui program AMOS 4.01. Hasil perhitungan melalui analisis faktor konfirmatori dan structural equation model maka model dalam penelitian ini dapat diterima. Dari hasil perhitungan hubungan kausal, maka secara statistik terbukti bahwa faktor advertising message berpengaruh positif terhadap faktor purchase intention, dapat diterima di Warga Rungkut, Surabaya. Kata kunci : Pesan Iklan, Minat Beli Konsumen