PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN TRANSPORTATION SERVICES DI BURSA EFEK INDONESIA

Main Author: R PANDJI, TJAKRA KUSUMA
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/4047/1/file1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/4047/2/file2.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/4047/
Daftar Isi:
  • Tujuan utama perusahaan adalah untuk memaksimalkan kemakmuran stakeholder, hal ini dapat dicapai dengan memaksimalkan nilai perusahaan. Tetapi terkadang perusahaan gagal untuk meningkatkan nilai perusahaan, yang salah satu penyebabnya adalah kurang cermatnya perusahaan dalam mengaplikasikan faktorfaktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Hal tersebut membuat kinerja perusahaan di pandang buruk oleh stakeholdersnya. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas, terhadap nilai perusahaan yang di proksikan dengan PBV (Price Book Value). Populasi dalam penelitian ini adalah Transportation Sevices yang go public di BEI. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini tidak ada sebab semua data sampel ada dalam anggota populasi, maka jumlah sampel perusahaan Transportation Sevices yang memiliki kelengkapan data sebanyak 11 perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersumber dari PT. Bursa Efek Indonesia (BEI) Berupa laporan keuangan yang terangkum dalam Indonesia Capital Market Directory (ICMD). Sedangkan untuk pengujian data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan asumsi klasik menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ukuran Perusahaan mempunyai pengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) Leverage mempunyai pengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, dan (3) Profitabilitas mempunyai pengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan Keyword : Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas