RANCANG BANGUN APLIKASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA PERUSHAAN RETAIL (STUDI KASUS VPOIN MART SURABAYA)
Main Author: | ULFIKA, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.upnjatim.ac.id/4014/1/file1.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/4014/2/file2.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/4014/ |
Daftar Isi:
- RANCANG BANGUN APLIKASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA PERUSHAAN RETAIL (STUDI KASUS VPOIN MART SURABAYA) PENYUSUN : ULFIKA ABSTRAK Pesatnya perkembangan bisnis yang mengadaptasi teknologi informasi, mendorong terjadinya persaingan bisnis. Setiap pelaku bisnis bersaing untuk merebut pangsa pasar dan meraih pelanggan agar menggunakan produk atau jasa dari perusahaan mereka. Vpoint Mart saat ini masih menggunakan system manual dan belum menggunakan sitem komputer dalam mengelola data pelanggan, mengelola data barang, mengelola data transaksi dan mengelola informasi kepada pelanggan Vpoint Mart. Untuk menunjang system pendataan yang baik dibuatlah Customer Relationship Management yang dimana adalah pengelolaan komunikasi dua arah yang terjadi antara penjual dan pembeli. Penerapannya pada perusahaan retail makin banyak digunakan untuk mengatasi masalah-masalah yang sering dihadapi perusahaan retail tersebut. Pembuatan aplikasi CRM pada Vpoint Mart ini dimulai dengan mempelajari dan melakukan analisis terhadap system yang ada pada Vpoint Mart ini. Dengan adanya aplikasi CRM ini, Vpoint Mart dapat mengolah hubungan dengan pelanggannya dan segala jenis administrasi, misalnya dalam hal pengolahan data pelanggan, data barang, data transaksi dan pengolahan pemberian informasi kepada pelanggan agar ditangani secara maksimal dan juga mempunyai banyak keuntungan untuk perusahaan tersebut, seperti menarik perhatian kepada customer untuk tetap menjadi member dengan memberi potongan harga dalam bertransaksi. Kata Kunci: Vpoint Mart, Customer Relationship Management, Retail, Penjualan