TINGKAT PENGETAHUAN ANAK TENTANG IKLAN LIFEBUOY DI MEDIA TELEVISI (Studi Deskriptif Tingkat Pengetahuan Anak SD Surabaya Tentang Isi Pesan Iklan Lifebuoy 5 Resep Dokter Kecil Versi “Dik Doank” di Media Televisi)

Main Author: SITI , MUKARROMAH
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/3993/1/file1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/3993/2/file2.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/3993/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSI SITI MUKARROMAH, TINGKAT PENGETAHUAN ANAK TENTANG IKLAN LIFEBUOY DI MEDIA TELEVISI (Studi Deskriptif Tingkat Pengetahuan Anak SD Surabaya Tentang Isi Pesan Iklan Lifebuoy 5 Resep Dokter Kecil Versi “Dik Doank” di Media Televisi) Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan anak SD Surabaya tentang isi pesan iklan Lifebuoy 5 Resep Dokter Kecil versi “Dik Doank” di Media Televisi. Penelitian ini didasarkan atas informasi dari dinas kesehatan Surabaya bahwa dari 10 penyakit terbanyak yang diderita masyarakat, penyakit diare menempati peringkat ketiga. Dan yang paling banyak terserang diare adalah anak-anak setingkat SD. Sehingga peneliti ingin mengetahui tingkat pengetahuan anak SD Surabaya terhadap kesehatan tubuhnya. Selain itu hasil dari penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat Spektra yang dilakukan terhadap 550 siswa yang tinggal di 11 kabupaten di provinsi Jawa Timur yaitu bahwa dengan membiasakan melakukan cuci tangan pakai sabun terutama saat sebelum makan ternyata dapat menurunkan angka absensi siswa sekolah akibat terkena penyakit diare hingga 11%. Dengan menggunakan teori S-O-R sebagai singkatan dari Stimulus- Organisme-Response. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari responden dengan menggunakan kuesioner dan data sekunder yang digunakan sebagai data penunjang untuk melakukan analisis. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah anak SD Surabaya yang menonton iklan Lifebuoy 5 Resep Dokter Kecil versi “Dik Doank” di media televisi yang berjumlah 100 responden. Penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasil dari penelitian ini ternyata tingkat pengetahuan anak SD Surabaya tentang isi pesan iklan Lifebuoy 5 Resep Dokter versi “Dik Doank” adalah tinggi. Akan tetapi kenyataannya informasi dari dinas kesehatan menunjukkan bahwa banyak anak-anak yang terserang diare. Kata Kunci : Tingkat Pengetahuan, Anak SD Surabaya, Iklan Televisi, Iklan Lifebuoy 5 Resep Dokter Kecil Versi “Dik Doank”