PARTISIPASI RUMAH TANGGA SANGAT MISKIN (RTSM) DALAM PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) PENDIDIKAN DI KELURAHAN LATSARI KECAMATAN TUBAN KABUPATEN TUBAN

Main Author: CHRISTANTI , DESI BINARIKA
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/3899/1/file_1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/3899/2/file_2.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/3899/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSI CHRISTANTI DESI BINARIKA. PARTISIPASI RUMAH TANGGA SANGAT MISKIN (RTSM) DALAM PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) PENDIDIKAN DI KELURAHAN LATSARI KECAMATAN TUBAN KABUPATEN TUBAN. Penelitian ini didasarkan pada fenomena diketahui bahwa Program Keluarga Harapan (PKH) khususnya pada bidang pendidikan terlihat adanya tingkat partisipasi pendidikan yang tinggi jika dibandingkan dengan Kelurahankelurahan lain yang ada di Kecamatan Tuban. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif sebagai penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dan lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati, dengan maksud ingin memperoleh gambaran yang komprehensif dan mendalam tentang Program KeluargaHarapan (PKH) Pendidikan di Kelurahan Latsari Kecamatan Tuban Kebupaten Tuban. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, dokumentasi, dan pengamatan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Partisipasi Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dalam Program Keluarga Harapan (PKH) Pendidikan di Kelurahan Latsari Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisa bagaimana Partisipasi Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dalam Program Keluarga Harapan (PKH) Pendidikan di Kelurahan Latsari Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban. Informan dan responden dalam penelitian ini adalah pegawai Kelurahan Latsari, pendamping PKH Kelurahan Latsari, dan RTSM PKH Pendidikan Kelurahan Latsari. Fokus dalam penelitian ini ada 3 yaitu: 1) partisipasi rata-rata lama sekolah bagi anak RTSM, 2) partisipasianak RTSM dalam satuan pendidikan (sekolah), dan 3) kehadiran anak RTSM di sekolah. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut: anakanakpeserta PKH Pendidikan menyelesaikan pendidikannya sesuai dengan sistem yang berlaku di sekolah, dan hamper seluruh anak melanjutkan pendidikannya kejenjang berikutnya. Anak-anak peserta PKH yang telah terdaftar tetap mengikuti program pendidikannya sampai selesai. Dan partisipasi kehadiran anak RTSM peserta PKH Pendidikan di sekolah sudah sesuai dengan syarat kehadiran yaitu minimal 85%.