PENGARUH TINGKAT LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAPAT MEMPENGARUHI KUANTITAS PENGUNGKAPAN SOSIAL PERUSAHAAN LQ-45 YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA

Main Author: INDAH , SULISTYAWATI PU
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/3896/1/file1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/3896/2/file2.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/3896/
Daftar Isi:
  • Tujuan utama pelaporan keuangan guna memberikan informasi kepada para pemegang saham dan kreditur menjadi ikut bergeser pula kearah kecenderungan bahwa perlunya pelaporan yang bersifat dari luar organisasi perusahaan (externality) dalam rangka memberikan informasi kepada beberapa kelompok orang luar (investor) yang berkepentingan terhadap perusahaan. Berdasarkan uraian diatas dapat dipahami bahwa ide dasar yang melandasi perlunya dikembangkan akuntansi sosial (sosial accounting), secara umum adalah perlunya perluasan tanggung jawab sosial perusahaan. Penelitian ini mempunyai tujuan mengetahui pengaruh, dan menguji secara empiris pengaruh kepemilikan manajemen, tingkat leverage, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap pengungkapan sosial dalam laporan tahunan perusahaan LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh perusahaan LQ 45 yang terdaftar (listing) di BEI. Data yang digunakan dalam penelitian ini jenis data sekunder. Penelitian ini berlandaskan pendekatan kuantitatif dengan tekhnik analisis regreri linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian pada bab terdahulu dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu: Leverage, Ukuran Perusahaan dan Profitability tidak berpengaruh terhadap Pengungkapan Biaya Sosial. Kata kunci: Tingkat Leverage, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Dan Pengungkapan Sosial (CSR)