PENGARUH TRUST IN A BRAND TERHADAP BRAND LOYALTY PADA KONSUMEN FRESTEA

Main Author: Guntur , Hanafi
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/3891/1/file1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/3891/2/file2.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/3891/
Daftar Isi:
  • Sejalan dengan munculnya minuman teh siap saji dalam kemasan dijual di pasaran semakin banyak, hal ini akan memberikan kesempatan pada konsumen untuk memilih produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Akibatnya persaingan antar perusahaan semakin ketat. Konsumen memiliki trust in a brand pada minuman tertentu dan pada akhirnya mereka akan menjadi loyal pada suatu merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah trust in a brand berpengaruh terhadap brand loyalty. Penelitian ini menggunakan variabel brand characteristic (X1), company characteristic (X2), consumer-brand characteristic (X3), serta variabel brand loyalty (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli dan mengkonsumsi minuman Frestea di Surabaya. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan untuk pengujian data digunakan analisis SEM (Structural Equation Modeling). Dari hasil pengujian dengan menggunakan SEM dan dilihat dari tingkat probabilitas arah hubungan kausal, maka hipotesis menyatakan bahwa faktor trust in a brand berpengaruh positif terhadap factor brand loyalty, dapat diterima (signifikan / positif). Keywords : Trust in a brand, brand Loyalty