PEMAKNAAN PEREMPUAN DALAM IKLAN PELUMAS RANTAI CHAIN WAX PADA MEDIA CETAK OTOTREND (Studi Semiotika Terhadap Pemaknaan Perempuan Pada Iklan Pelumas Rantai Chain Wax Di tabloid ototrend edisi 378 minggu 3 september 2009)

Main Author: David , Giovanni Rahman
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/377/1/file1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/377/2/file2.pdf
http://www.upnjatim.ac.id
http://eprints.upnjatim.ac.id/377/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui makna eksploitasi perempuan dalam iklan dan makna keseluruhan pada tabloid Ototrend edisi 378 minggu 3 september 2009. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: teori segitiga Charles Sanders Pierce, Ilustrasi, pengertian sikap, komunikasi visual, semiotika. Sumber atau teori tersebut di gunakan sebagai dasar atau acuan dalam pembahasan penelitian. Korpus dalam penelitian ini adalah pemaknaan wanita dari ikon iklan CHAIN WAX. Hubungan antara wanita dengan pelumas rantai. Analisis semiotik ini menggunakan model semiotik dari pierce. Sistem tanda (gambar, warna, perilaku non verbal dan atribut pendukung) atau digunakan sebagai indikator pengamatan dalam penelitian kualitatif secara deskriptif pada ilustrasi iklan, yang mengkategorikan tanda tersebut menjadi ikon, indeks dan simbol. Dari hasil interpretasi, maka representasi ikon wanita pada iklan pelumas rantai CHAIN WAX ikon wanita dipersepsikan sebagai produk sekaligus rantai motor. Dan adanya keterkaitan ikon dan kalimat-kalimat di sekitar ikon. Kata kunci : Gambar iklan pelumas, teori semiotika Charles Sanders Pears, Ikon indeks simbol.