SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGUKURAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN METODE HUMAN RESOURCES SCORECARD (Studi kasus PT. JASA MARGA (PERSERO), Tbk CABANG SURABAYA GEMPOL)
Main Author: | GUSTI YUDHA, NEGARAWAN. L |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.upnjatim.ac.id/37/1/file1.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/37/2/file2.pdf http://www.upnjtim.ac.id/ http://eprints.upnjatim.ac.id/37/ |
Daftar Isi:
- PT. Jasa Marga (Persero), Tbk Cabang Surabaya – Gempol merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa pelayanan jalan bebas hambatan. Jasa Marga (Persero), Tbk Cabang Surabaya – Gempol (JM Surgem) merupakan salah satu dari 9 cabang yang mulai dioperasikan tahun 1986 melalui Keputusan Presiden No. 38 Tahun 1986 dan Keputusan Direksi PT Jasa Marga (Persero) No. 056/KPTS/JM/VI/86 tanggal 26 Juni 1986. Selanjutnya pada tanggal 26 Juli 1986 jalan tol ruas Dupak-Gempol sepanjang 39 kilometer mulai dioperasikan, dan selanjutnya pada tanggal 4 April 1987 tahap ke 2 ruas Perak-Dupak sepanjang 4 kilometer ioperasikan termasuk Jembatan Boezem.Pengukuran kinerja sumber daya manusia dapat digunakan sebagai tolak ukur kontribusi pencapaian kinerja SDM pada strategi perusahaan dan hasil pengukuran yang sudah terkuantifikasi memudahkan pihak manajemen melakukan perencanaan dan pengendalian. Untuk meningkatkan kinerja sumber daya manusia PT. Jasa Marga (Persero), Tbk Cabang Surabaya – Gempol, dilakukan penelitian dengan menggunakan SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGUKURAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN METODE HUMAN RESOURCE SCORECARD dan perhitungan Analityc Hierarchy Process (AHP) untuk mendapatkan nilai bobot dan nilai kinerja. Perancangan sistem pendukung keputusan pengukuran kinerja sumber daya manusia dengan metode Human Resource Scorecard menghasilkan 22 Key Performance Indicators (KPI) yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja karyawan PT. Jasa Marga, dengan rincian 8 KPI untuk HR Competency, 7 KPI untuk High Performance Work System, 1 KPI untuk HR System Alignment, 3 KPI untuk HR Eficiency, dan 3 KPI untuk HR Deliverable. Kata Kunci: Sistem pendukung keputusan, Human Resource Scorecard, AHP