PEMBUATAN PROTOTYPE IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK PEMESANAN BARANG PADA CV .X BERBASIS WEB DAN SMS GATEWAY
Main Author: | Ajeng Setya , Hariani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.upnjatim.ac.id/3633/1/file1.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/3633/2/file2.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/3633/ |
Daftar Isi:
- CV.X merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan alat kesehatan. Dengan penerapan CRM yang baik maka perusahaan ini dapat mendapatkan pelanggan baru, meningkatkan nilai yang diperoleh dari pelanggan serta mempertahankan pelanggan yang dapat mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Informasi yang di hasilkan oleh CRM dapat memberi manfaat bagi perusahaan dan pelanggan. Kebutuhan dan keinginan pelanggan dapat terfasilitasi dengan baik dan menjadi umpan balik bagi perusahaan untuk menghasilkan layanan dan perubahan untuk peningkatan kepuasan pelanggan. Dalam pembuatan aplikasi ini telah dilakukan beberapa langkah yaitu merancang sstem informasi dengan menyusun table-tabel database dan merancang konsep yang digunakan untuk merancang website maupun SMS gateway serta desain sesuai dengan kebutuhan menggunakan PHP dan Gammu. Pembuatan prototype ini bertujuan agar lebih memudahkan perusahaan dalam pemasaran produknya dan juga bagi pelanggan karena tidak perlu mendatangi langsung ke lokasi untuk melihat maupun membeli produk yang diinginkan. Dari hasil uji coba system membuktikan bahwa dengan adanya aplikasi ini dalam pemesanan barang, pemasaran produk, maupun pengecekan harga produk menjadi lebih mudah dengan adanya website dan SMS Gateway.