PENGARUH ASSOSIASI MEREK TERHADAP RESPON KONSUMEN PADA PRODUK SEPEDA MOTOR YAMAHA SCORPIO DI SURABAYA

Main Author: Yosef , Bayu Sunito
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/351/1/file1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/351/2/file2.pdf
http://www.upnjatim.ac.id/
http://eprints.upnjatim.ac.id/351/
Daftar Isi:
  • Asosiasi merek merupakan salah satu bagian dari ekuitas merek, dimana asosiasi merek mencerminkan pencitraan suatu merek terhadap kesan tertentu dan mampu membentuk persepsi konsumen atau pengguna terhadap produk tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh asosiasi merek sepeda motor terhadap respon konsumen. Penelitian dilakukan di wilayah Surabaya dengan pengambilan populasi dan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan sampel konsumen PT Surya Timur Sakti Jatim di Graha RSSR Jalan Basuki Rahmat 45-47 Surabaya dimana konsumen tersebut adalah orang yang membeli dan menggunakan sepeda Motor Yamaha Scorpio dan Club Ikatan Sepeda Motor Yamaha Scorpio Surabaya.Dan data dikumpulkan melalui kuesioner pada 120 responden. Skala yang digunakan adalah skala Interval dan teknik pembentukanya menggunakan Semantik defferential scale.Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaiti dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) Dari hasil penelitian pada uji kausalitas,menunjukaan bahwa variabel asosiasi merek berpengaruh positif terhadap respon konsumen dapat diterima.