HARAPAN DAN REALITA SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9000 DALAM PENERAPANNYA DI PERUSAHAAN KONTRAKTOR

Main Author: Erlina, P
Format: Proceeding PeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/3152/1/erlina_p_SMNTI05.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/3152/
Daftar Isi:
  • Akibat terbukanya perdagangan bebas di tahun 2003, persaingan bisnis makin meningkat tajam baik di pasar domestik (nasional) maupun global (intemasional). Salah satu upa) perusahaan untuk memenangkan persaingan dengan peningkatan mutu produk atau jasa adalah mendapatkan sertifikasi ISO 9000 yang dapat diterapkan juga dalam bisnis "konstruksi. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui alasan, hambatan perbedaan antara harapan dan realita, dan prioritas utama ISO 9000 yang harus diterapkan oleh perusahaan. Penelitian ini menggunakan survei terhadap perusahaan-perusahaan kontraktor di Surabaya dan Gresik yang sudah menerapkan ISO 9000. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa perusahaan menerapkan ISO 9000 terutama agar mencapai konsistensi dalam pelaksanaan dan memperbaiki mutu. Sedangkan hambatan terbesar yaitu waktu yang diperlukan untuk melengkapi penerapan. Perusahaan-perusahaan kontraktor tersebut masih perlu meningkatkan kepuasan pelanggan dan menerapkan prinsip fokus pelanggan sebagai priorilas utama untuk meningkalkan mutu perusahaan.