PREDIKSI PANGSA PASAR PRODUK DETERJEN MEREK RlNSO DENGAN METODE MARKOV CHAIN GUNA MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN

Main Author: Rusindiyanto, -
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Departement of Industrial Engineering , 2009
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/3107/1/tekmapro_rusindiyanto.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/3107/
Daftar Isi:
  • Deterjen pencuci pakaian merek Rinso merupakan salah satu deterjen pencuci pakaian dipasaran yang diproduksi oleh PT.Unilever. Permasalahan yang dihadapi adalah dengan munculnya produk baru dan adanya produk pesaing yang sudah ada membuat pangsa pasar Rinso terancam menurun, karena konsumen mudah berpindah-pindah dalam membeli deterjen pencuci pakaian. Sehingga perusahaan hams seririg melakukan penelitian pasar untuk mengetahui pangsa pasar yang diperoleh serta melakukan pengukuran ekuitas merek sehingga dapat menentukan strategi pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah memperediksi pangsa pasar produk deterjen merek Rinso pada masa yang akan datang, mengukur nilai ekuitas merek deterjen Rinso dan menentukan strategi pemasaran yang tepat, agar produk deterjen Rinso tetap Kompetitif di pasaran. Hasil penelitian didapat responden yang paling berminat membeli Rinso adalah responden yang berusia 31-40 tahun, yang berpenghasilan 1-1,5 juta perbulan yaitu pegawai swasta. Dari hasil penelitian pangsa pasar dengan menggunakan "Rantai Markov didapat pemimpin pasar deterjen pencuci pakaian untuk masa mendatang dipegang oleh Attack, dengan menguasai 35,50% dari pangsa pasar keseluruhan, Rinso (34,82%), Surf (18,24%), So klin (6,44%) dan Daia (5%). Pacla e1emen ekuitas merek tingkat Top oj mind Rinso berada pacla posisi tertinggi yaitu 36,81%.