Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Untuk Mengunjungi Wisata Di Kebun Binatang Surabaya

Main Author: YUNITA , SETIAWAN
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/292/1/file_1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/292/2/file_2.pdf
http://www.upnjatim.ac.id
http://eprints.upnjatim.ac.id/292/
Daftar Isi:
  • Pengembangan disektor kepariwisataan yang dimiliki oleh suatu daerah dapat memberi kontribusi berupa pendapatan dana yang diperoleh dari restribusi tiket masuk ke obyek wisata, sehingga nantinya pendapatan tersebut dapat membantu pembangunan daerah disektor lain, parwisata memiliki peran yang cukup membawa harapan dalam rangka ikut serta menciptakan lapangan kerja, mendorong pambagian pendapatan yang makin merata dan sekaligus memperbaiki tingkat kesejahteraan rakyat baik lahir maupun batin disamping, aspek positif lainnya, peningkatan penerimaan devisa negara dan Pendapatan Asli Daerah. KBS merupakan tempat wisata yang menarik karena faktor letaknya yang berada di tengah-tengah kota Surabaya, diantara kesibukan kota metropolis ternyata masih dapat kita temukan tempat berbagai macam satwa yang sebagian besar biasanya hidup di alam bebas, hal ini dapat menjadi semacam tolak ukur bagi manusia untuk tetap menjaga keseimbangan alam dalam melestarikan satwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat pengunjung wisata di Kebun Binatang Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung di Kebun Binatang Surabaya, pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Accidental yaitu teknik dimana sampel yang diambil pada saat orang tersebut berkunjung di Kebun Binatang Surabaya. Analisis dalam penelitian ini menggunakan Analisa Korelasi Rank Spearman. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan didapat bahwa hasil koefisien diatas diperoleh nilai p sebesar 0,277 dimana hasil tersebut telah dikonsultasikan dengan tabel pedoman dengan memberikat interprestasi kocfisien korelasi hasil tersebut terletak antara 0,199 - 0,399 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan rendah antara faktor untuk berkunjung terhadap minat masyarakat dalam mengunjungi Kebun Binatang Surabaya. Hasil perhitungan uji t diperoleh hasil t hitung yaitu 2,8685 > t table yang nilainya 1,9845 yang menunjukkan ada pengauh yang signifikan antara factor-faktor berkunjung dengan minat berkunjung.