PENGARUH BRAND TRUST, CUSTOMER SATISFACTION TERHADAP LOYALITAS MEREK PRODUK KECAP ABC (Studi Kasus Di Pasar Taman Sepanjang Sidoarjo)
Main Author: | Edy , Kurniawan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.upnjatim.ac.id/274/1/File_1.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/274/2/File_2.pdf http://www.upnjatim.ac.id/ http://eprints.upnjatim.ac.id/274/ |
Daftar Isi:
- Sebuah merek adalah nama yang diberikan oleh suatu perusahaan untuk satu (atau beberapa) dari produk atau jasa. Tanpa merek, konsumen tidak tahu satu produk dari iklan lain dan kemudian akan menjadi hampir mustahil. Dalam melakukan pemilihan terhadap suatu merek, konsumen pada umumnya akan selalu berusaha melakukan pemilihan berdasarkan preferensi berdasarkan atribut dengan tujuan untuk mengurangi sekelompok pilihan dalam usaha untuk mendapatkan hasil keputusan akhir yang sesuai. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan merek terhadap kepuasan konsumen produk Kecap ABC dan kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas merek produk kecap ABC. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah Brand Trust (X) , Loyalitas Merek (Y), dan Customer Satisfaction (Z). Skala pengukuran variabel menggunakan skala interval. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli dan mengkonsumsi produk kecap ABC di Pasar Taman Sepanjang Sidoarjo. Jenis data penelitian adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh sebagai tanggapan dari kuesioner yang disebarkan kepada responden dan juga hasil dari wawancara dengan pihak-pihak yang mendukung penelitian ini. Model yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM). Dari hasil penelitian dan pengolahan data yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa brand trust berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Customer Satisfaction sehingga hiopotesis yang diajukan dapat terbukti kebenaranya. Dan Customer Satisfaction berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas merek dapat terbukti kebenaranya.