SIKAP REMAJA SURABAYA TERHADAP ISI PESAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BKKBN VERSI SHIREEN SUNGKAR DAN TEUKU WISNU DI TELEVISI (Studi Deskriptif Kuantitatif Sikap Remaja Terhadap Isi Pesan Iklan Layanan Masyarakat BKKBN versi Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu di Kota Surabaya)

Main Author: WIDHA , AYU SAPUTRI
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/2668/1/file1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/2668/2/file2.pdf
http://www.upnjatim.ac.id
http://eprints.upnjatim.ac.id/2668/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSI Widha Ayu Saputri, 0843010145, Sikap Remaja di Surabaya terhadap Isi Pesan Iklan Layanan Masyarakat BKKBN versi Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu di Televisi (Studi Deskriptif Kuantitatif Sikap Remaja Terhadap Isi Pesan Iklan Layanan Masyarakat BKKBN versi Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu di Kota Surabaya) Iklan layanan masyarakat menjadi salah satu sarana untuk menyampaikan pesan kepada khalayak. BKKBN melalui iklan layanan masyarakat menyampaikan himbauan mengenai pernikahan usia ideal, perencanaan kehamilan, pengeturan jarak kelahiran, pembentukan keluarga sejahtera, peningkatan kualitas hidup ibu dan bayi serta penghimbauan dua anak lebih baik. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model S-O-R, kepanjangan dari Stimulus-Organisme-Response. Stimulus merupakan rangsangan. Organism berarti diri komunikan sebagai penerima pesan atau informasi dari komunikator. Selanjutnya Respon diartikan sebagai efek akhir dalam proses komunikasi. Keberhasilan dalam proses komunikasi adalah menimbulkan perubahan konatif, afektif dan kognitif pada diri komunikan. Penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah multistage cluster sampling. Populasi penelitian ini dibagi menjadi beberapa cluster berdasarkan wilayah tempat tinggal. Dari cluster – cluster tersebut diambil sampel sesuai yang proposional sesuai dengan jumlah populasi pada tiap cluster. Hasil dari pengolahan data yang didapatkan melalui kuisioner yang disebarkan maka dapat disimpulkan bahwa sikap remaja di Surabaya terhadap iklan layanan masyarakat BKKBN versi Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu di televisi adalah netral. Mereka masih ragu – ragu dalam melaksanakan himbauan yang ada dalam iklan tersebut atau tidak. Keyword : Sikap, Remaja, Iklan layanan masyarakat BKKBN versi Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu