TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT SURABAYA TENTANG ISI PESAN IKLAN AQUA “MULAI HIDUP SEHAT DARI SEKARANG” VERSI FERDY HASAN DI TELEVISI (Studi Deskriptif Tingkat Pengetahuan Ibu-Ibu Surabaya Tentang Isi Pesan Iklan AQUA “Mulia Hidup Sehat Dari Sekarang” Versi Ferdy Hasan Di Televisi)
Main Author: | Riri , Widya Waluyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.upnjatim.ac.id/2647/1/file1.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/2647/2/file2.pdf http://www.upnjatim.ac.id http://eprints.upnjatim.ac.id/2647/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSI RIRI WIDYA WALUYO, TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT SURABAYA TENTANG ISI PESAN IKLAN AQUA “MULAI HIDUP SEHAT DARI SEKARANG” VERSI FERDI HASAN (Study Deskriptif tentang Tingkat Pengetahuan Ibu-Ibu Surabaya Tentang Isi Pesan Iklan Aqua “Mulai Hidup Dari Sekarang” Versi Ferdi Hasan di Televisi) Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengetahuan Masyarakat Surabaya Tentang Isi Pesan Iklan AQUA “Mulai Hidup Sehat dari Sekarang” versi Ferdy Hasan di Televisi. Dengan menggunakan Teori S-O-R sebagai singkatan dari Stimulus- Organism-Response yang berasal dari kajian psikologi dimana teori ini menunjukkan efek yang ditimbulkan adalah reaksi khusus terhadap stimulus khusus, sehingga seseorang dapat mengharapkan dan memperkirakan kesesuaian antara pesan dan reaksi komunikan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari responden dengan menggunakan kuesioner dan data sekunder yang digunakan sebagai data penunjang untuk melakukan analisis. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah sebagian dari Ibu-ibu Surabaya yang menonton Iklan AQUA “Mulai Hidup Sehat dari Sekarang” versi Ferdi Hasan di Televisi yang berjumlah 100 ibu, penarikan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat pengetahuan ibu-ibu Surabaya terhadap iklan Aqua“Mulai Hidup Sehat dari Sekarang” versi Ferdi Hasan di Televisi dapat dikatakan secara keseluruhan ada pada kategori sedang. Kata kunci :Tingkat Pengetahuan, Isi pesan, Stimulus-Organism-Response, Televisi ABSTRACTION Riri Widya Waluyo, LEVEL OF KNOWLEDGE SURABAYA SOCIETY ABOUT CONTENTS OF AQUA ADVERTISING MESSAGE “START HEALTHY LIVING FROM NOW” FERDY HASAN VERSION ON TELEVISION (Descriptive Study of Knowledge Exchage Mothers Surabaya About Aqua Advertising Message “Start Healthy Living From Now” Ferdy Hasan Version on Television) This research was conducted with the objective identifying level of knowledge Surabaya Society about Aqua adverstising message “ Start Healthy Living From Now” Ferdy Hasan version on television. By using the S-O-R theory as an abbreviation of the Stimulus-Organism- Response derived from the study of Psychology in which this theory suggests the effects are specific reactions to specific stimuli, so that one can expect and estimate the fit between the message and the reaction communicant. The research method used is descriptive quantitative type of data used in this study is the primary data obtained directly from respondents using a questionnaire and secondary data are used as supporting data for analysis. While the sample of this study is part of Surabaya Mothers who watch Aqua Ads “Start Healthy Living From Now” in television version of Ferdy Hasan, amounting to 100 mothers, the withdrawal of the sample using random cluster sampling technique. From the results of this study can be concluded that the level of knowledge of mothers Surabaya on advertising Aqua "from the Start Living Healthy Now" version of Ferdi Hasan on Television as a whole can be said to exist in medium category. Keywords : Level of Knowledge, Message Content, Stimulus – Organism – Response, Television