PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN SEGMENTASI PERILAKU TERHADAP POSITIONING SEPEDA MOTOR SKUTIK SUZUKI DI DEALER UMC SIDOARJO

Main Author: ROMADHON , ACHMAD FITRONY
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/2635/1/FILE_1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/2635/2/FILE_2.pdf
http://www.upnjatim.ac.id
http://eprints.upnjatim.ac.id/2635/
Daftar Isi:
  • PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN SEGMENTASI PERILAKU TERHADAP POSITIONING SEPEDA MOTOR SKUTIK SUZUKI DI DEALER UMC SIDOARJO Abstraksi Dunia pemasaran yang semakin kompetitif menuntut perusahaan untuk memiliki keunggulan daya saing. Untuk tetap bertahan dalam dunia pemasaran yang semakin cepat berubah seiring perkembangan dalam era globalisasi maka perusahaan dituntut untuk semakin bekerja keras, pintar, dan kreatif. Disisi lain penguna dihadapkan pada berbagai macam pilihan produk. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh atribut produk dan segmentasi perilaku terhadap positioning sepeda motor skutik Suzuki di dealer UMC sidoarjo. Penelitian ini menggunakan variabel Atribut produk (X1) dengan indikator mutu produk (X1.1), ciri produk (X1.2), desain produk (x1.3), merek produk (X1.4). dan Variabel Segmentasi perilaku (X2) dengan indikator status pemakai (X2.1), tingkat pemakaian (X2.2), tahap kesiapan konsumen (X2.3), sikap pandangan (X2.4). dan Variabel Positioning (Y) dengan indikator presepsi (Y1), kesadaran akan merek (Y2). Skala menggunakan skala interval dan teknik pengukuran variabel dengan menggunakan skala Likert 1-5 pada alat analisis multidimensional scalling, Tanggapan pernyataan tersebut dinyatakan dengan memberi skor yang berada pada rentang nilai 1 sampai dengan 5 pada masingmasing skala. Populasi pada penelitian ini adalah semua pengendara skutik suzuki di dealer UMC sidoarjo dengan jumlah 245. Teknik pengambilan sampel ini adalah Accidental Sampling Method (pengambilan sampel secara acak) dengan teknik maksimum likehood estimation dengan jumlah responden 110 pengendara skutik suzuki di dealer UMC sidoarjo. Data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari jawaban para responden dengan menggunakan media kuesioner. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Pengolahan data yang diperoleh dengan menggunakan analisis permodelan SEM (Structural Equation Modelling). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa: - atribut produk mempunyai pengaruh signifikan negatif terhadap positioning. - Segmentasi perilaku mempunyai pengaruh signifikan positif terhadap positioning. Keywords : Atribut produk, segmentasi perilaku, positioning.