ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK DAN DAMPAKNYA PADA RESPON PERILAKU KONSUMEN KARTU PRABAYAR XL DI SURABAYA

Main Author: Erwin , Wahyu Stiawan
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/2581/1/file1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/2581/2/file2.pdf
http://www.upnjatim.ac.id
http://eprints.upnjatim.ac.id/2581/
Daftar Isi:
  • ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK DAN DAMPAKNYA PADA RESPON PERILAKU KONSUMEN KARTU PRABAYAR XL DI SURABAYA Oleh : Erwin Wahyu Stiawan ABSTRAK Aktifitas kompetisi yang dilakukan oleh para pengusaha operator seluler saat ini adalah menetapkan harga secara agresif untuk membatasi persaingan dengan menurunkan harga yang bertujuan sebagai daya tarik dari produk. Hal ini menunjukkan semakin pentingnya perusahaan untuk mengembangkan keunggulan kompetitif berkelanjutan, dimana salah satunya adalah dengan membentuk brand image yang baik dimata konsumen. PT. XL Axiata Tbk sebagai salah satu perusahaan penyedia jasa komunikasi seluler di Indonesia pada saat ini jumlah pelanggan terbanyak masih berada di posisi ke 3 setelah Telkomsel dan Indosat. Berdasarkan latar belakang tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh citra merek terhadap ekuitas merek dan ekuitas merek terhadap respon perilaku konsumen kartu prabayar XL di Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna kartu Prabayar XL di Surabaya. Skala pengukuran menggunakan skala interval dan skala pembentukan menggunakan skala likert. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling dengan metode Accidental Sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 105 responden. Data yang digunakan adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada pengguna kartu Prabayar XL di Surabaya. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modeling) untuk melihat hubungan kausalitas antar faktor. Hasil pengujian memperlihatkan bahwa citra merek berpengaruh signifikan positif terhadap ekuitas merek. Ekuitas merek berpengaruh signifikan positif terhadap respon perilaku konsumen