PELAYANAN PUBLIK SEBAGAI SALAH SATU ELEMEN DASAR PEMERINTAH DAERAH DALAM PELAKSANAAN OTONOMI (Strategi Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ponorogo)

Main Author: Ertien Rining , Nawangsari
Format: Proceeding PeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/2414/1/Dra._Ertien_Rining_Nawangsari%2C_MSi.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/2414/
Daftar Isi:
  • Undang-undang 32 tahun 2004, secara implicit mengarahkan organisasi pemerintah daerah berubah menjadi organisasi model entrepreneurial. Pelayanan publik sebagai salah satu dari 7 (tujuh) elemen dasar yang membentuk Pemerintahan Daerah sebagai suatu entitas pemerintahan , sehingga perlu upaya meningkatkan kualitas pelayanan public agar kepuasan masyarakat juga meningkat. Kepuasan pelanggan akan tercapai apabila pelayanan yang diberikan oleh penyedia layanan sesuai dengan harapan masyarakat/pelanggan Bagaimana kualitas pelayanan publik dengan strategi yang telah diterapkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ponorogo agar dapat mendukung pelaksanaan otonomi daerah. Strategi yang diterapkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ponorogo yakni system satu hari selesai “one day service”. Kualitas pelayanan cukup memuaskan terutama dalam segi aspek system dan kesederhanaan prosedur, kompetensi, sikap dan perilaku petugas pelayanan, jenis dan aksestabilitas, sarana dan prasarana, mutu produk. Pada sisi waktu penyelesaian pelayanan, biaya pelayanan, konsistensi pelayanan masih banyak dikeluhkan, sehingga perlu adanya usaha untuk meningkatkan kualitas aspek pelayanan tersebut. Kendala dalam peningkatan pelayanan publik sarana dan prasana belum mendukung secara maksimal dan masih banyak calo.