PENGARUH PESAN IKLAN MENGGUNAKAN MEDIA TELEVISI TERHADAP MINAT BELI KARTU SELULER MENTARI DI SURABAYA TIMUR

Main Author: Christine, Aditia Wardani
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/2240/1/file1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/2240/2/file2.pdf
http://www.upnjatim.ac.id
http://eprints.upnjatim.ac.id/2240/
Daftar Isi:
  • PENGARUH PESAN IKLAN MENGGUNAKAN MEDIA TELEVISI TERHADAP MINAT BELI KARTU SELULER MENTARI DI SURABAYA TIMUR Oleh : Christine Aditia Wardani ABSTRAK Iklan merupakan salah satu sarana komunikasi pemasaran. Iklan didefinisikan sebagai pesan yang menawarkan suatu produk yang ditunjukkan kepada masyarakat melalui suatu media. Lebih dari itu iklan juga diarahkan untuk membujuk orang supaya membeli. Pada akhirnya iklan bisa memelihara citra produk bahkan perusahaan di benak konsumen. Jika suatu perusahaan ingin mempertahankan kekuatan mereknya, maka ia harus melakukan periklanan secara efektif dan berkelanjutan. Melalui periklanan dengan media tertentu baik itu media cetak, radio dan televisi diharapkan konsumen mengetahui, mendengar, membaca dan melihat produk yang ditawarkan. Dapat diketahui dari grafik pengguna kartu seluler Mentari mengalami penurunan dari tahun 2007 dengan prosentase sebesar 20% ke tahun 2010 turun menjadi 5%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pesan iklan terhadap minat beli kartu seluler Mentari di Surabaya Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang pernah melihat iklan kartu seluler Mentari di televisi yang berlokasi di Surabaya Timur. Skala pengukuran menggunakan skala interval dan skala pembentukan menggunakan skala likert. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling dengan metode Purposive Sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 108 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada masyarakat yang pernah melihat iklan kartu seluler Mentari di televisi yang berlokasi di Surabaya Timur. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modeling) untuk melihat hubungan kausalitas antar faktor. Hasil pengujian memperlihatkan bahwa pesan iklan berpengaruh signifikan positif terhadap minat beli. Keyword : Pesan Iklan, Minat Beli.