PERANCANGAN APLIKASI STREAMING WEBCAM PADA PONSEL MENGGUNAKAN J2ME
Main Author: | Rudi, Erlangga |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.upnjatim.ac.id/2222/1/cvr%2Dbab1.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/2222/2/bab2%2D6.pdf http://www.upnjatim.ac.id/ http://eprints.upnjatim.ac.id/2222/ |
Daftar Isi:
- Dalam era globalisasi semakin banyak perkembangan dalam dunia teknologi informasi salah satunya adalah konsep tentang streaming video yang bisa diakses melalui handphone dengan memanfatkan kamera webcam sebagai kamera untuk pengambilan video dan jarinagan wifi sebagai perantara antara server dan client, dimana server adalah media untuk penyimpanan video dan client sebagai pemantau dari video yang telah diambil oleh kamera webcam. Webcam tersebut terkoneksikan dengan server, webcam tersebut mengambil gambar yang kemudian gambar tersebut disimapn dalam server. Server ini akan mengirimakan gambar pada client melalui jaringan wifi. Client disini adalah handphone, server akan memperbarui gambar yang telah diambil oleh webcam dan dikirimkan kepada client sehingga tampak seperti video. Salah satu penerapan teknologi mobile adalah streaming webcam pada ponsel menggunakan J2ME. Streaming didefinisikan sebagai proses aliran data yang dikirim terus menerus atau disebut juga urutan data yang panjangnya yang tidak diketahui sebelumnya, dengan streaming dapat melakukan pengiriman data secara bertahap hingga data yang dikirimkan habis, sebelum teknologi streaming berkembang sampai saat ini diperlukan mendownload file streaming sampai habis ke dalam komputer untuk bisa diakses. Seiring dengan kemajuan teknologi streaming data, maka dapat di terapkan pada streaming video . Dari masalah diatas dapat diatasi dengan merancang dan membuat Prototype streaming yang dilengkapi dengan perangkat mobile sebagai penerima dari stream video yang didapat dari server dimana server melakukan pengambilan video menggunakan Webcam yang terlebih dahulu ditanamkan progam server dengan menggunakan bahasa pemrograman Delphi 7. Yang kemudian dikirim melalui jaringan Wifi untuk dikirimkan ke perangkat mobile (handphone), didalam perangkat mobile tersebut juga di install aplikasi stream menggunakan pemrograman J2ME. Hasil pengujian menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan prototype aplikasi streaming webcam pada handphone terletak pada perangkat mobile yang digunakan yang tidak semua handphone dilengkapi dengan Java dan Wifi.