REPRESENTASI SENSUALITAS DALAM IKLAN METALBIKES DI MAJALAH DIG BMX EDISI NOVEMBER 2007. (Studi Semiotik Representasi Sensualitas Dalam Iklan Metalbikes di Majalah DIG BMX edisi November 2007)
Main Author: | HENDRO , PRATOMO |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.upnjatim.ac.id/2167/1/Binder1.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/2167/2/Binder2.pdf http://www.upnjatim.ac.id http://eprints.upnjatim.ac.id/2167/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSI Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Representasi yang dikomunikasikan iklan brand Metalbikes pada majalah DIG BMX edisi November 2007. Teori yang digunakan adalah semiotika Charles Sanders Peirce yang mengemukakan membagi antara tanda dan acuannya tersebut menjadi kategori yaitu : ikon, indeks, simbol adalah tanda yang hubungan antara penanda dan penandanya bersifat bersamaan bentuk alamiah. Kerangka berpikir yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan pada Frame of Reference (berdasarkan pengetahuan) serta Field of Experience (latar belakang pengalaman). Metode semiotik dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu sebuah metode yang lebih mudah menyesuaikan bila dalam penelitian ini kenyataannya ganda, menyajikan secara langsung hubungan antara peneliti dengan objek peneliti, lebih peka serta dapat menyesuaikan diri dengan banyak pengaruh terhadap pola - pola nilai yang dihadapi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berupa kata - kata dan gambar. Kesimpulan yang didapat adalah pihak pengiklan sengaja menggunakan model Sarah untuk menjadi model iklan brand Metalbikes, agar konsumen lebih tertarik untuk memilih produk frame BMX Metalbikes dan diharapkan kemudian mengambil keputusan untuk membeli frame BMX Metalbikes yang sudah diiklankan pada majalah DIG BMX. Pemakaian model Sarah dalam iklan ini hanya semata-mata untuk menarik perhatian khalayak/konsumen saja. Tambahan