PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI CONFERENCE CALL MENGGUNAKAN ASTERISK DI PERUM PEGADAIAN SURABAYA
Main Author: | Misbachul, Munir |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.upnjatim.ac.id/2008/1/file1.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/2008/2/file2.pdf http://www.upnjatim.ac.id/ http://eprints.upnjatim.ac.id/2008/ |
Daftar Isi:
- Di Perum Pegadaian Surabaya, peranan teknologi komunikasi sangat penting dan hampir menjadi kebutuhan primer untuk selalu berkomunikasi dalam conference room dimana antara kantor pusat Surabaya dan 2 kantor cabang bisa melakukan komunikasi melalui komputer pada waktu yang bersamaan (conference call). Komunikasi antara kantor pusat Surabaya dan 2 kantor cabang perlu dilakukan dalam hal pemenuhan kebutuhan informasi. Untuk melakukan komunikasi lebih dari 2 client atau conference call dapat menggunakan teknologi yang disebut VoIP (Voice over Internet Protokol) dengan Asterisk. Keuntungan yang dapat diambil, adalah bisa melakukan komunikasi melalui komputer lebih dari 2 client VoIP pada waktu yang bersamaan dalam satu conference room. VoIP (Voice over Internet Protokol) adalah teknologi yang memanfaatkan Internet Protocol untuk menyediakan komunikasi suara secara elektronis dan real-time. Dari hasil uji coba yang telah dilakukan dengan menjalankan Asterisk, membuat conference room, registrasi pegawai, pengecekkan koneksi pada VoIP Server, konfigurasi aplikasi X-Lite diperoleh hasil dimana antara lebih dari 2 komputer dapat melakukan conference call atau melakukan komunikasi secara bersamaan. Dengan teknologi VoIP menggunakan Asterisk yaitu server VoIP (Voice Over Internet Protocol) yang dapat digunakan untuk komunikasi suara, maka bisa melakukan komunikasi melalui komputer lebih dari 2 client VoIP pada waktu yang bersamaan dalam satu conference room di lingkuangan Perum Pegadaian Surabaya.