Rancang Bangung Aplikasi Permainan Teka-Teki Silang (TTS) Berbasis WEB Menggunakan Algorithm Backtracking
Main Author: | Diki , Hartanto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.upnjatim.ac.id/1924/1/file1.pdf http://eprints.upnjatim.ac.id/1924/2/file2.pdf http://www.upnjatim.ac.id http://eprints.upnjatim.ac.id/1924/ |
Daftar Isi:
- judul : Rancang Bangung Aplikasi Permainan Teka-Teki Silang (TTS) Berbasis WEB Menggunakan Algorithm Backtracking Pembimbing I : Nur Cahyo Wibowo, S.Kom, M.Kom Pembimbing II : Faisal Muttaqin, S.Kom Penyusun : Diki Hartanto Npm : 0634010223 ABSTRAK Pada zaman ini, permainan-permainan yang menggunakan karakter semakin banyak. Tidak semua menganggap permainan tersebut mudah. Oleh karena itu, beberapa orang mencoba menyelesaikan permainan tersebut menggunakan teknik komputasi. Adakalanya suatu penyelesaian membutuhkan lebih dari satu algoritma untuk menyelesaikannya. Teka-teki silang adalah teka-teki kata yang membentuk suatu kotak/matriks yang terdiri dari blok hitam dan putih. Tujuan dari permainan ini adalah mengisi kotak putih dengan huruf sehingga membentuk suatu kata baik mendatar atau menurun dengan bantuan yang ada. Dalam metoda analisis yang akan kita pakai, kita membutuhkan sebuah algoritma yang akan mengisikan kata-kata dalam basisdata kedalam suatu blok kata dalam kotak. Algoritma biasa digunakan dalam pencarian solusi adalah algoritma backtracking. Dengan optimasi yang juga diterapkan dalam algoritma, kita dapat membentuk metoda penyelesaian/pencarian solusi yang akan kita analisis. Analisis dilakukan bergantung kepada suatu kriteria yang terdapat pada permainan teka-teki. Seperti jumlah huruf dalam kotak kata atau keterkaitan antar kata. Diharapkan teknik ini menjadi dasar penelitian lebih lanjut. Kata kunci: Backtracking, Teka-teki silang.