FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI DAN MENGKONSUMSI BIR BINTANG ( Studi kasus di Circle K Kayun Surabaya )

Main Author: DJALU , MAHENDRA PUTRA
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.upnjatim.ac.id/1416/1/File_1.pdf
http://eprints.upnjatim.ac.id/1416/2/File_2.pdf
http://www.upnjatim.ac.id
http://eprints.upnjatim.ac.id/1416/
Daftar Isi:
  • Perkembangan bidang ekonomi di era globalisasi mengalami tingkat persaingan yang tinggi. Produsen harus dapat menyusun strategi pemasaran agar mampu menciptakan, mempertahankan dan meningkatkan kepuasan konsumen, karena konsumen menentukan kelangsungan hidup suatu produk. Karenanya pelayanan yang baik dan menjaga hubungan baik dengan konsumen, agar tetap menjadi pelanggan yang setia. Dengan mengetahui sikap konsumen, produsen dapat mengidentifikasi strategi promosi. Obyek penelitian adalah bir bintang minuman yang mengandung alkhohol dibawah 5 % yang diproduksi oleh PT Multi Bintang Indonesia (MBI). Variabel penelitian yang digunakan adalah budaya (X1), sosial (X2), personal (X3), psikologi (X4) dan keputusan pembelian (Y). Pengukuran variabel menggunakan skala likert. Populasi penelitian adalah pembeli yang mengkonsumsi produk bir bintang. Jenis penelitian ini adalah data primer. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, dengan jumlah 97 responden. Untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat, digunakan teknik analisis persamaan regresi linier berganda. Dan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama yang berbunyi “variabel budaya (X1), sosial (X2), personal (X3) dan psikologis (X4) berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian (Y) bir bintang di Circle K Kayun Surabaya adalah terbukti kebenarannya”. Sedangkan hipotesis kedua yang berbunyi “variabel budaya (X1), sosial (X2), personal (X3) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y) bir bintang di Circle K Kayun Surabaya adalah terbukti kebenarannya”. Dan hipotesis ketiga yang berbunyi “variabel psikologis (X4) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y) bir bintang di Circle K Kayun Surabaya adalah tidak terbukti kebenarannya”.