Strategi Pemasaran Pada Warung Mikro Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pekalongan
Daftar Isi:
- Persaingan yang ketat dalam pemasaran produk pembiayaan mikro dilakukan oleh bank-bank syariah, salah satunya adalah Bank Syariah Mandiri Pekalongan dengan Warung Mikronya. Strategi pemasaran yang efektif dibutuhkan untuk memasarkan produk pembiayaannya agar masyarakat dapat mengetahui apa saja produk-produk pembiayaan pada Warung Mikro BSM Pekalongan. Strategi pemasaran yang digunakan antara lain strategi produk, strategi harga, strategi tempat dan strategi promosi. Masalah penelitian ini membahas tentang kesesuaian strategi pemasaran yang dilakukan oleh Warung Mikro BSM Pekalongan dengan teori pemasaran dan tingkat efektifitas dari strategi pemasaran yang dilakukan oleh Warung Mikro BSM Pekalongan dalam pemasaran produkproduk pembiayaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 30 Juni 2014 sampai tanggal 1 Oktober 2014, sedangkan data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Dalam tahap pengumpulan data penulis menggunakan beberapa metode, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan analisis deskriptif, karena pada penelitian ini penulis mendeskripsikan strategi pemasaran pada Warung Mikro BSM Pekalongan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh Warung Mikro BSM Pekalongan sesuai dengan teori pemasaran, diantaranya menggunakan strategi produk, strategi harga bank, strategi tempat dan strategi promosi. Sedangkan tingkat efektifitas strategi pemasarannya pada pencairan pembiayaan mengalami peningkatan dari tahun 2012 ke tahun 2013, juga untuk nasabahnya mengalami peningkatan dari 200 nasabah ditahun 2012 menjadi 230 ditahun 2013.