Daftar Isi:
  • Kajian ini dilatar belakangi oleh begitu pesatnya kemajuan sekolah di era modern ini, setiap sekolah melakukan inovasi pembelajaran sehingga siswa tidak merasa bosan dan jenuh dalam kelas. Kebosanan dan kejenuhan adalah salah satu penghambat dalam proses pembelajaran. Siswa menjadi tidak antusias dalam belajar, suasana menjadi kaku dan monoton. Penerapan moving class diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi siswa di sekolah. Dengan adanya moving class ini, diharapkan siswa akan merubah cara belajar dar i belajar pasif menjadi belajar aktif. Pada penelitian ini penyusun mengambil permasalahan tentang bagaimana strategi pembelajaran moving class dan prestasi belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Pemalang serta adakah pengaruh strategi pembelajaran moving class terhadap prestasi belajar peserta didik tersebut. Jenis penelitian ini adalah dengan menggunakan penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, metode angket, metode i nterview dan metode dokumentasi. Serta menganalisis data dengan analisis korelasional menggunakan rumus r product moment. Selain data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi satu prediktor dan dua variabel yang ada yaitu variabel X (pelaksanaan moving class) dan variabel Y (peningkatan prestasi belajar siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pembelajaran moving class di kelas X SMA Negeri 2 Pemalang termasuk dalam kategori cukup baik. Setelah dicari koefisien korelasinya dengan menggunakan rumus product moment, maka didapatkan hasil ro bernilai 0,832 yang terletak pada interval 0,71 -0,90 berarti terdapat korelasi positif yang signifikan antara strategi pembelajaran moving class dengan prestasi belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Pemalang dan apabila dianalisis secara cermat dengan tabel pada taraf signifikasi 5% r t bernilai 0,304 sedangkan ro bernilai 0,832, maka ro > rt sehingga menolak Ho dan menerima Ha. Sedangkan pada taraf signifikasi 1% r t bernilai 0,393 dan ro bernilai 0,832, maka ro > rt sehingga menolak Ho dan menerima Ha