Daftar Isi:
  • Mata pelajaran PAI merupakan mata pelajaran yang berguna menyiapkan siswa dalam membaca dan menulis Al-Qur’an melalui kegiatan bimbingan dan latihan. Dengan Pendidikan Agama Islam anak diharapkan mampu membaca dan menulis huruf Al-Qur’an untuk meyakini, memahami, menghayati dan mengamalkan apa yang terkandung dalam Al-Qur’an. Untuk itu agar proses pembelajarannya dapat berjalan dengan lancar mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, seorang guru harus dapat mengolah pedoman pembelajaran yang harus diperhatikan adalah penggunaan metode, yaitu cara yang digunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas membaca Al-Qur’an pada siswa kelas IV di SDN 03 Karangasem Petarukan Pemalang? Bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an pada siswa kelas IV di SDN 03 Karangasem Petarukan Pemalang? Tujuan Penelitian adalah Untuk mengetahui kualitas membaca Al-Qur’an pada siswa kelas IV di SDN 03 Karangasem Petarukan Pemalang, Untuk mengetahui peningkatan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas IV SDN 03 Karangasem Petarukan Pemalang. Kegunaan penelitian secara teoritis Penelitian ini diharapkan bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam rangka perbaikan serta peningkatan pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati di SDN 03 Karangasem, Sebagai bahan acuan bagi Guru PAI dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an. Secara praktis Bagi siswa, akan lebih semangat belajar dan dapat meningkatkan kebiasaan belajar aktif. Bagi guru, lebih menghayati metode sebagai strategi pembelajaran untuk mencapai tujuan. Bagi Sekolah, akan lebih berbenah diri untuk penanaman jiwa keagamaan terhadap anak melalui pembelajaran Al-Qur’an dengan metode yang disesuaikan dengan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari primer dan sekunder. Untuk metode pengumpulan datanya melalui metode wawancara (interview), observasi (pengamatan), dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kualitas membaca Al-Qur’an pada siswa kelas IV di SD N 03 Karangasem Petarukan Pemalang yang diajar tanpa menggunakan metode Qiro’ati termasuk dalam kategori rendah. Sedangkan pembelajaran dengan menggunakan metode Qiro’ati termasuk dalam kategori tinggi. Ada perbedaan yang signifikan dalam kualitas membaca Al-Qur’an pada siswa kelas IV di SD N 03 Karangasem Petarukan Pemalang antara yang diajarkan dengan menggunakan metode Qiro’ati dan yang tanpa menggunakan metode Qiro’ati. Hasil penelitian ini yaitu bahwa meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an pada siswa kelas IV di SD Negeri 03 Karangasem Petarukan Pemalang menunjukkan adanya perubahan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an dan sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.