KORELASI ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI MI NU BAROS KOTA PEKALONGAN
Daftar Isi:
- Banyak faktor yang dijadikan tolak ukur keberhasilan pendidikan. Salah satunya adalah dengan melihat keberhasilan proses belajar mengajar. Proses belajar merupakan proses yang unik dan kompleks. Keunikan itu disebabkan karena hasil belajar hanya terjadi pada individu yang belajar tidak pada orang lain dan setiap individu menampilkan perilaku belajar yang berbeda. MINU Baros kota Pekalongan merupakan lembaga pendidikan tingakat dasar yang berorientasi untuk menciptakan siswa yang berprestasi dan berperilaku akhlakul karimah. Salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar adalah rendahnya motivsi berprestasi yang dimiliki oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar akidah akhlak. Pendekatan dalam penelitain ini adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampel dengan mengambil sampel seluruh siswa kelas V MI NU Baros. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa angket motivasi berprestasi dan hasil belajar akidah akhlak siswa yang diambil dari nilai ulangan tengah semeser (UTS) genap tahun 2015. Untuk menguji hipotesis penelitian harus melewati uji prasyarat. Uji prasayarat yang dilakukan adalah dengan menggunakan Kolmogorov Smirnov, uji ini dilakukan untuk mengetahui data hasil angket berdistribusi normal atau tidak. Selanjutnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian. Dalam hal ini peneliti menggunakan rumus “correlasion” untuk menguji validitas instrumen penelitian dan untuk menguji reliabilitas instrumen penelitian digunakan “alpha cronbach” dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS v. 15. Untuk menguji hipotesis penelitian, dilakukan dengan cara menghitung koefisien korelasi antara variabel X dan Y dengan menggunakan rumus “pearson product moment”. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai rxy = 0,363 kemudian dibandingkan dengan nilai rt = 0,376, karena rxy < rt atau 0,363 < 0,376 maka Ha ditolak. Kesimpulannya, tidak terdapat korelasi positif antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar akidah akhlak di MI NU Baros kota Pekalongan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi berprestasi di MI NU Baros tidak memiliki korelasi positif dengan hasil belajar akidah akhlak.