Daftar Isi:
  • Strategi promosi merupakan suatu perencanaan yang disusun oleh perusahaan dengan menggerakkan sumber daya perusahaan, dengan tujuan agar produk yang dimiliki bisa laku di masyarakat dengan cara memberikan informasi tentang produk, manfaat, harga, di mana dapat diperoleh dan kelebihan dibanding dengan produk pesaing. Strategi promosi yang digunakan oleh KSU Kopena (Koperasi Pemuda Buana) Pusat Pekalongan yaitu dengan memanfaatkan sarana promosi iklan, personal selling, promosi penjualan, dan publisitas. Penelitian ini dilakukan di KSU Kopena (Koperasi Pemuda Buana) Pusat Pekalongan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi produk tabungan sukarela sebagai upaya peningkatan DPK (Dana Pihak Ketiga) dan hambatan yang dihadapinya. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research) Adapaun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Tekhnik pengumpulan datanya yaitu observasi, interview, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa strategi promosi yang digunakan oleh KSU Kopena Pusat Pekalongan pada produk tabungan sukarela sebagai upaya peningkatan DPK menggunakan 4 sarana promosi, yaitu iklan, personal selling, promosi penjualan dan publisitas. Promosi dengan media periklanan dilakukan melalui brosur, spanduk, banner, dan radio. Personal selling dilakukan dengan memberikan informasi, penjelasan, dan menggambarkan tentang fungsi produk serta pelayanan yang di diberikan oleh perusahaan. Adapun promosi penjualan dilakukan dengan mengadakan kontes undian dengan banyak hadiah yang disediakan antara lain: paket perjalanan umroh, kulkas,mesin cuci, televisi, kipas angin, magic com, dan uang tunai @100.000 dalam bentuk tabungan sukarela. Promosi melalui publisitas dilakukan dengan membuka stan pada acara-acara pameran. Dari keempat sarana promosi tersebut yang dapat meningkatkan DPK secara signifikan yaitu promosi penjualan. Namun Keempat nya merupakan kegiatan yang saling mendukung, di mana media iklan sebagai piranti dalam publisitas, promosi penjualan, dan personal selling. Dalam melakukan strategi promosi, KSU Kopena Pusat Pekalongan tidak luput dari adanya hambatan-hambatan yang dihadapinya, baik dari sarana promosi iklan, publisitas, personall selling, ataupun promosi penjualan.