Daftar Isi:
  • Peserta didik di MA YIC Bandar Batang banyak yang melakukan pelanggaran disiplin, diantaranya terlambat masuk kelas, pakaian seragam tidak rapi, bawah baju tidak dimasukkan kedalam celana bagian atas, tidak menyelesaikan pekerjaan rumah (PR) atau tugas dari guru, tidak mencatat dan tidak memiliki diktat, mengobrol, bercengkrama bahkan tidur dalam kelas ketika jam pelajaran, tidak mengembalikan buku-buku yang dipinjam dari perpustakan sekolah dan lain sebagainya. Hal ini pula yang menjadikan peserta didik berperilaku cuek dan sering melanggar tata tertib sekolah karena banyak yang belum tahu tata tertib sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah pemahaman peserta didik tentang tata tertib sekolah di MA YIC Bandar Batang? Bagaimanakah perilaku disiplin peserta didik di MA YIC Bandar Batang? Bagaimana korelasi antara pemahaman peserta didik tentang tata tertib sekolah dengan kedisiplinan peserta didik di MA YIC Bandar Batang?. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pemahaman peserta didik tentang tata tertib sekolah di MA YIC Bandar Batang, untuk mendeskripsikan perilaku disiplin peserta didik di MA YIC Bandar Batang, untuk mendeskripsikan korelasi pemahaman peserta didik tentang tata tertib sekolah dengan kedisiplinan peserta didik di MA YIC Bandar Batang. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, angket dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Pemahaman peserta didik tentang tata tertib sekolah di MA YIC Bandar Batang adalah sangat baik. Kedua, Perilaku disiplin peserta didik di MA YIC Bandar Batang adalah baik. Ketiga, Ada korelasi yang cukup signifikan antara pemahaman peserta didik tentang tata tertib sekolah dengan kedisiplinan peserta didik di MA YIC Bandar Batang. Setelah dilakukan penelitian diperoleh bahwa nilai xy r sebesar 0,547, dalam pedoman interpretasi nilai r terletak pada interval 0,410 – 0,700, sehingga antar variabel yang dikorelasikan terdapat korelasi positif yang cukup atau sedang. Pada taraf kesalahan 5 %, t r sebesar 0,344 berarti | h r | > t r . Sedangkan pada tingkat kesalahan 1%, t r sebesar 0,442 maka | h r | > t r . Jadi pada tingkat kesalahan 5 % dan 1 % memiliki interpretasi sama yakni antara pemahaman peserta didik tentang tata tertib sekolah dengan kedisiplinan peserta didik di MA YIC Bandar Batang terdapat korelasi positif yang signifikan. Berdasarkan perhitungan dengan program SPSS versi 20 diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) yang ditunjukkan pada R Square yaitu 0,434 atau sebesar 43,4%. Berarti nilai korelasi antara pemahaman peserta didik tentang tata tertib sekolah dengan kedisiplinan peserta didik di MA YIC Bandar Batang sebesar 43,4%. Sedangkan sisanya sebesar 56,6 % dipengaruhi variabel lain.