PENGGUNAAN METODE BERMAIN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELOMPOK A1 TK QUROTA’AYUN AISYIYAH KOTA PEKALONGAN
Daftar Isi:
- Anak usia dini adalah sosok individu yang sedang menjalani suatu proses perkembangan dengan pesat dan fundamental bagi kehidupan selanjutnya. Proses pembelajaran sebagai bentuk perlakuan yang diberikan kepada anak harus memperhatikan karakteristik yang dimiliki setiap tahapan perkembangan anak. Aspek perkembangan kecerdasan emosional diharapkan akan meningkatkan ketaqwaan anak terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan membina sikap anak dalam rangka meletakkan dasar agar anak menjadi warga Negara yang baik. Permasalahan yang menjadi pokok kajian dalam skripsi ini adalah bagaimana mengembangkan kecerdasan emosional di TK Qurota’ayun Aisyiyah Kota Pekalongan, karena kemampuan emosional anak kelompok A di TK Qurota A’yun belum memenuhi standar tingkat pencapaian perkembangan. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan kelas (PTK) Kualitatif melalui data dan informasi yang diperoleh menggunakan beberapa instrumen pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, dan interview. Jenis analisis data yang penulis gunakan adalah teknik analisis kuantitatif yaitu menganalisis data yang ada dalam bentuk tabel atau angka dengan menggunakan rumus prosentase. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan di TK Qurota’ayun Aisyiyah Kota Pekalongan tentang implementasi metode bermain puzzle dalam pengembangann kecerdasan emosional pada kelompok A1 di TK Qurota’ayun Aisyiyah Kota Pekalongan menunjukkan bahwa pada siklus 1 kemampuan pengembangan kecerdasan emosional anak dengan rata – rata hasil prosentase sebesar 65,46% masih kuarang maksimal sehingga perlu ditingkatkan pada siklus berikutnya. Pada siklus 2 hasil rata – rata yang dicapai sebesar 83,4%. Dari analisis perhitungan hasil prosentase akhir pada siklus 2 yang telah dicapai maka penggunaan metode bermain puzzle terbukti dapat meningkatkan kecerdasan emosional pada anak didik kelompok A1 TK Qurrota A’yun Kota Pekalongan.