MINAT NASABAH TERHADAP PRODUK SIMPANAN PENDIDIKAN DENGAN AKAD WADI’AH YAD DHAMANAH DI BMT SM NU PEKALONGAN
Daftar Isi:
- Bank Islam adalah lembaga keuangan yang usaha pokoknya memberikan pembiayaan dan jasa-jasa lainnya dalam lalu lintas pembayaran serta peredaran uang yang pengoperasiannya disesuaikan dengan prinsip syariat Islam. Adanya perbedaan-perbedaan konsep dalam praktiknya yang terdapat di BMT SM NU Pekalongan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi minat nasabah yang menggunakan produk tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana minat nasabah terhadap produk simpanan pendidikan di BMT SM NU Pekalongan dan Faktor apa yang mempengaruhi minat nasabah terhadap produk simpanan pendidikan di BMT SM NU Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat nasabah terhadap produk simpanan pendidikandi BMT SM NU Pekalongan,Untuk mengetahui faktor nasabah memilih produk simpanan pendidikan di BMT SM NU Pekalongan, sedangkan kegunaan penelitian ini yaitu secara teoritis dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa minat nasabah/anggota terhadap produk SIDIK (Simpanan Pendidikan) mengalami peningkatan yang signifikan selama tiga tahun terakhir yaitu pada tahun 2011-2013 karena nasabah merasa senang dengan adanya produk tersebut yang dapat membantu mereka mempersiapkan dana untuk pendidikan anak-anak mereka, apalagi dengan konsep pemberian bonus yang berbeda dengan BMT lain yaitu dengan adanya pemberian bagi hasil setiap bulannya selain mereka mendapatkan souvenir saat pengambilan simpanannya. Selain itu jangka waktu pengambilan simpanan tidak ditentukan atau dengan kata lain nasabah dapat mengambil simpanan mereka sewaktu-waktu nasabah membutuhkan dana. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih melakukan simpanan pendidikan di BMT SM NU adalah faktor kepercayaan, faktor kejelasan produk BMT, dan fasilitas yang diberikan, yaitu dengan memudahkan dalam proses transaksi. Penelitian yang telah dilakukan pada beberapa responden (nasabah) dapat diketahui bahwa kepercayaan atau agama bukan menjadi faktor utama seorang nasabah dalam menentukan dimana mereka ingin melakukan simpanan.