IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP BERWAWASAN PENDIDIKAN ISLAM PADA SISWA KELAS VII DI SMP IT NU AL-MUBAROK KALISALAK MARGASARI TEGAL
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan penulis tentang kerusakan alam yang terjadi dihampir seluruh penjuru negeri khususnya dikawasan kabupaten Tegal. Melalui pendidikan lingkungan hidup diharapkan terjadi perubahan pada kesadaran manusia terhadap alam, terutama yang ada diruang lingkup pendidikan. Terjadinya bencana alam secara langsung maupun tidak langsung merupakan ulah tangan manusia yang serakah, maka dari itu pendidikan lingkungan hidup diharapkan dapat menyadarkan manusia untuk senantiasa sadar akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan hidupnya. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah yang diajukan adalah Bagaimana implementasi pendidikan lingkungan hidup berwawasan pendidikan Islam pada siswa kelas VII di SMP IT NU Al-Mubarok Kalisalak Margasari Tegal, apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan lingkungan hidup berwawasan pendidikan Islam pada siswa kelas VII di SMP IT NU Al-Mubarok Kalisalak Margasari Tegal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi pendidikan lingkungan hidup berwawasan pendidikan Islam pada siswa kelas VII di SMP IT NU Al-Mubarok Kalisalak Margasari Tegal, untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan lingkungan hidup berwawasan pendidikan Islam pada siswa kelas VII di SMP IT NU Al-Mubarok Kalisalak Margasari Tegal. Kegunaan Penelitiannya adalah kegunaan teoritis yaitu hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi kajian pendidikan terutama kajian tentang pendidikan pendidikan lingkungan hidup berwawasan pendidikan Islam. Kegunaan praktisnya bagi sekolah, sebagai sumbangan untuk memperbaiki proses pembelajaran di Sekolah guna meningkatkan prestasi siswa juga kesadaran siswa tentang lingkungan. Bagi guru, untuk meningkatkan kreasi guru tentang penerapan pendidikan lingkungan hidup. Bagi siswa, lebih sadar dan peduli terhadap lingkungan dan permasalahanya. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dan pendekatannya menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu dengan cara Milles and Huberman yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan lingkungan hidup berwawasan pendidikan Islam pada siswa kelas VII di SMP IT NU Al-Mubarok Kalisalak Margasari berjalan dengan baik, karena sekolah baik dari pihak guru, kepala sekolah, maupun siswa telah menerapkanya sesuai dengan langkah-langkah dan unsur-unsur yang ada pada teori. Yaitu dengan adanya program dan berbagai kegiatan cinta lingkungan hidup yang ada di sekolah.