ctrlnum 835
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/835/</relation><title>PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QURAN DI SMP-IT ASSALAAM BOARDING SCHOOL PEKALONGAN</title><creator>Khikmah, Risnatul</creator><subject>130106 Secondary Education</subject><subject>130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified</subject><description>Umat Islam pada dasarnya tetap berkewajiban untuk secara riil dan konsekuen berusaha memelihara Alquran. Salah satu usaha nyata dalam proses pemeliharaan kemurnian Alquran itu dengan cara menghafalkannya. Di Pekalongan sendiri terdapat lembaga pendidikan yang memberikan perhatian khusus terhadap penghafalan Alquran. SMP-IT Assalaam merupakan salah satu lembaga pendidikan setingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berbasis Pondok Pesantren Tahfidzul Quran. Lembaga pendidikan ini memadukan sistem pendidikan salafiah (tradisional) dengan sistem pendidikan modern yang berkembang saat ini.&#xD; Penelitian ini mempunyai dua rumusan masalah yaitu bagaimana pelaksanaan pembelajaran tah}fiz\ul Quran di SMP-IT Assalaam Boarding School Pekalongan? Dan apa yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran tah}fiz\ul Quran di SMP-IT Assalaam Boarding School Pekalongan? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tah{fiz|ul Quran di SMPIT Assalaam Boarding School Pekalongan; untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan pembelajaran tah{fiz|ul Quran di SMPIT Assalaam Boarding School Pekalongan.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian lapangan. Metode yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman.&#xD; Hasil penelitian ini adalah waktu pelaksanaan pembelajaran tah}fiz\ Quran yang terjadwal secara reguler yaitu ada 4 kali waktu pertemuan dalam sehari dan waktu lain. Pelaksanaan pembelajaran tah}fiz\ Quran ini meliputi tujuan, metode, materi, sumber/media, dan evaluasi. Proses pembelajarannya meliputi dibuka dengan salam, doa, muroja&#x2019;ah/motivasi/cerita-cerita, antri maju untuk setoran hafalan, ditutup dengan doa dan salam penutup. Walaupun dalam pembelajaran tah}fiz\ Quran ini belum ada RPP, namun pembelajaran ini dinilai sudah berjalan dengan cukup lancar. Faktor yang mendukung dari dalam adalah semangat santri dalam menghafal tinggi. Sedangkan faktor yang mendukung dari luar adalah tah}fiz\ Alquran sudah menjadi rutinitas sehari-hari, tersedianya waktu tah}fiz\, pengaruh teman tah}fiz\, motivasi/dukungan dari guru tah}fi\z\, dan dukungan penuh dari keluarga. Sedangkan faktor yang menghambat dari dalam adalah ketidakdisiplinan anak, faktor malas dan mood santri, dan belum tertanamnya kesadaran untuk menjaga hafalan. Faktor yang menghambat dari luar beban mata pelajaran yang banyak.</description><date>2015-04-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/835/1/1.%20COVER%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/835/2/2.%20HALAMAN%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/835/3/3.%20NOTA%20PEMBIMBING.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/835/4/4.%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/835/5/8.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/835/6/10.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/835/7/11.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/835/8/12.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/835/9/13.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/835/10/14.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/835/11/15.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/835/12/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Khikmah, Risnatul (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QURAN DI SMP-IT ASSALAAM BOARDING SCHOOL PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://perpustakaan.stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>835</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Khikmah, Risnatul
title PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QURAN DI SMP-IT ASSALAAM BOARDING SCHOOL PEKALONGAN
publishDate 2015
topic 130106 Secondary Education
130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
url http://elc.stain-pekalongan.ac.id/835/1/1.%20COVER%20SKRIPSI.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/835/2/2.%20HALAMAN%20PERNYATAAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/835/3/3.%20NOTA%20PEMBIMBING.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/835/4/4.%20PENGESAHAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/835/5/8.%20ABSTRAK.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/835/6/10.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/835/7/11.%20BAB%20I.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/835/8/12.%20BAB%20II.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/835/9/13.%20BAB%20III.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/835/10/14.%20BAB%20IV.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/835/11/15.%20BAB%20V.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/835/12/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/835/
http://perpustakaan.stain-pekalongan.ac.id/
contents Umat Islam pada dasarnya tetap berkewajiban untuk secara riil dan konsekuen berusaha memelihara Alquran. Salah satu usaha nyata dalam proses pemeliharaan kemurnian Alquran itu dengan cara menghafalkannya. Di Pekalongan sendiri terdapat lembaga pendidikan yang memberikan perhatian khusus terhadap penghafalan Alquran. SMP-IT Assalaam merupakan salah satu lembaga pendidikan setingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berbasis Pondok Pesantren Tahfidzul Quran. Lembaga pendidikan ini memadukan sistem pendidikan salafiah (tradisional) dengan sistem pendidikan modern yang berkembang saat ini. Penelitian ini mempunyai dua rumusan masalah yaitu bagaimana pelaksanaan pembelajaran tah}fiz\ul Quran di SMP-IT Assalaam Boarding School Pekalongan? Dan apa yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran tah}fiz\ul Quran di SMP-IT Assalaam Boarding School Pekalongan? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tah{fiz|ul Quran di SMPIT Assalaam Boarding School Pekalongan; untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan pembelajaran tah{fiz|ul Quran di SMPIT Assalaam Boarding School Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian lapangan. Metode yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah waktu pelaksanaan pembelajaran tah}fiz\ Quran yang terjadwal secara reguler yaitu ada 4 kali waktu pertemuan dalam sehari dan waktu lain. Pelaksanaan pembelajaran tah}fiz\ Quran ini meliputi tujuan, metode, materi, sumber/media, dan evaluasi. Proses pembelajarannya meliputi dibuka dengan salam, doa, muroja’ah/motivasi/cerita-cerita, antri maju untuk setoran hafalan, ditutup dengan doa dan salam penutup. Walaupun dalam pembelajaran tah}fiz\ Quran ini belum ada RPP, namun pembelajaran ini dinilai sudah berjalan dengan cukup lancar. Faktor yang mendukung dari dalam adalah semangat santri dalam menghafal tinggi. Sedangkan faktor yang mendukung dari luar adalah tah}fiz\ Alquran sudah menjadi rutinitas sehari-hari, tersedianya waktu tah}fiz\, pengaruh teman tah}fiz\, motivasi/dukungan dari guru tah}fi\z\, dan dukungan penuh dari keluarga. Sedangkan faktor yang menghambat dari dalam adalah ketidakdisiplinan anak, faktor malas dan mood santri, dan belum tertanamnya kesadaran untuk menjaga hafalan. Faktor yang menghambat dari luar beban mata pelajaran yang banyak.
id IOS2761.835
institution IAIN Pekalongan
institution_id 324
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Pekalongan
library_id 236
collection STAIN Pekalongan Electronic Local Content
repository_id 2761
subject_area Agama
Ekonomi
Hukum
city PEKALONGAN
province JAWA TENGAH
repoId IOS2761
first_indexed 2016-10-05T06:44:43Z
last_indexed 2016-10-05T06:44:43Z
recordtype dc
_version_ 1765831026672664576
score 17.538404