Daftar Isi:
  • Belajar merupakan dasar untuk memahami perilaku. Belajar juga berkaitan dengan masalah fundamental tentang perkembangan emosi, motivasi, perilaku sosial, dan kepribadian. Disadari atau tidak setiap individu pasti pernah melakukan aktivitas belajar, karena aktivitas belajar tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seseorang sepanjang hidupnya. Perilaku belajar merupakan suatu aktivitas mental atau psikis, yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan pemahaman, keterampilan, dan nilai sikap. Perbedaan sistem pendidikan yang diterapkan akan menghasilkan perbedaan perilaku belajar siswa. Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang peneliti ajukan adalah: 1) Bagaimana perilaku belajar siswa full day school kelas XI IPA di MAN Model Kendal?. 2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku belajar siswa full day school kelas XI IPA di MAN Model Kendal?. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah: 1)Untuk mengetahui perilaku belajar siswa full day school kelas XI IPA di MAN Model Kendal. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku belajar siswa full day school kelas XI IPA di MAN Model Kendal. Sedangkan kegunaannya secara teoritis untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan dan sumbangan berharga di bidang pendidikan dan sosial, khususnya tentang perilaku belajar siswa full day school kelas XI IPA di MAN Model Kendal, sedangkan secara praktis yaitu sebagai panduan agar dapat mengetahui dan memahami perilaku belajar siswa dan sebagai bahan evaluasi kedepan dalam menjalankan program full day school. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis data kualitatif adalah: analisis deskripsi isi yang bersifat terbuka yaitu dengan menggunakan proses berpikir induktif, yang penyajiannya bertitik tolak dari data yang terkumpul kemudian disimpulkan. Data kualitatif yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode pengolahan analisa deskripsi isi (Content analysis). Hasil penelitian skripsi: 1)Sistem full day school dapat menjadikan siswasiswi berperilaku belajar baik. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku belajar siswa full day school secara umum ada dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal.