ctrlnum 819
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/819/</relation><title>PERANAN KEGIATAN TADARUS AL-QUR&#x2019;AN DALAM PEMBIASAAN PENGAMALAN AGAMA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI PROYONANGGAN 14 BATANG</title><creator>Masruro, Laelatul</creator><subject>130105 Primary Education</subject><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><description>Kegiatan tadarus Al-Qur&#x2019;an di SD Negeri Proyonanggan 14 Batang merupakan salah satu upaya pembiasaan pengamalan agama siswa sebagai upaya untuk menginternalisasikan nilai-nilai ajaran agama kepada diri siswa, sehingga siswa dapat menghayati dan mengamalkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Sebab lain yaitu siswa yang mempunyai latar belakang yang berbeda seperti siswa dari lingkungan keluarga yang agamis dengan siswa dari keluarga yang kurang agamis.&#xD; Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peranan kegiatan tadarus Al-Qur&#x2019;an dalam pembiasaan pengamalan agama siswa dan faktor-faktor pendukung dan penghambat kegiatan tadarus Al-Qur&#x2019;an dalam pembiasaan pengamalan agama siswa kelas IV di SD Negeri Proyonanggan 14 Batang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan kegiatan tadarus Al-Qur&#x2019;an dalam pembiasaan pengamalan agama siswa kelas IV di SD Negeri Proyonanggan 14 Batang dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat kegiatan tadarus Al-Qur&#x2019;an dalam pembiasaan pengamalan agama siswa kelas IV di SD Negeri Proyonanggan 14 Batang.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan data berupa analis deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan tadarus Al-Qur&#x2019;an dalam pembiasaan pengamalan agama siswa kelas IV di SD Negeri Proyonanggan 14 Batang berjalan dengan baik. Ada pun peranan kegiatan tadarus Al-Qur&#x2019;an dalam pembiasaan pengamalan agama yaitu siswa akan menjadi terbiasa untuk melakukan kegiatan tadarus Al-Qur&#x2019;an, membentuk karakter siswa yang lebih baik, menyadarkan siswa bahwa kegiatan tadarus Al-Qur&#x2019;an sebagai bentuk keimanan dan ketaqwaan siswa kepada Allah, melatih siswa untuk selalu datang tepat waktu agar dapat mengikuti kegiatan tadarus Al-Qur&#x2019;an dengan baik, siswa dapat menghafal surat-surat pendek karena sering diulang-ulang, menciptakan suasana kelas yang tenang dan khidmat saat pelajaran dimulai. Siswa diarahkan agar menjadi pelaku agama yang baik, dapat menginternalisasikan nilai-nilai ajaran agama kepada diri siswa, sehingga siswa dapat mengamalkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan tadarus Al-Qur&#x2019;an dalam pembiasaan pengamalan agama siswa dipengaruhi oleh dua faktor, pertama faktor pendukung yang mempengaruhi kegiatan tadarus Al-Qur&#x2019;an yaitu adanya motivasi dan dukungan guru, orang tua, motivasi dalam diri siswa, keberadaan TPQ dan lingkungan masyarakat. Kedua faktor penghambat kegiatan tadarus Al-Qur&#x2019;an yaitu pengetahuan guru tantang ilmu tajwid yang masih minim, perbedaan daya pikir anak dan pendidikan orang tua yang rendah.</description><date>2015-04-21</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/819/1/1%20Halaman%20Judul.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/819/2/2.%20Pernyataan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/819/3/3.%20NOTA%20PEMBIMBING.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/819/4/4.%20Pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/819/5/7%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/819/6/9%20D%20A%20F%20T%20A%20R%20%20%20I%20S%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/819/7/11%20BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/819/8/12%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/819/9/13%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/819/10/14%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/819/11/15%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/819/12/16%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Masruro, Laelatul (2015) PERANAN KEGIATAN TADARUS AL-QUR&#x2019;AN DALAM PEMBIASAAN PENGAMALAN AGAMA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI PROYONANGGAN 14 BATANG. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://perpustakaan.stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>819</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Masruro, Laelatul
title PERANAN KEGIATAN TADARUS AL-QUR’AN DALAM PEMBIASAAN PENGAMALAN AGAMA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI PROYONANGGAN 14 BATANG
publishDate 2015
topic 130105 Primary Education
130211 Religion Curriculum and Pedagogy
url http://elc.stain-pekalongan.ac.id/819/1/1%20Halaman%20Judul.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/819/2/2.%20Pernyataan.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/819/3/3.%20NOTA%20PEMBIMBING.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/819/4/4.%20Pengesahan.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/819/5/7%20ABSTRAK.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/819/6/9%20D%20A%20F%20T%20A%20R%20%20%20I%20S%20I.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/819/7/11%20BAB%201.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/819/8/12%20BAB%20II.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/819/9/13%20BAB%20III.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/819/10/14%20BAB%20IV.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/819/11/15%20BAB%20V.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/819/12/16%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/819/
http://perpustakaan.stain-pekalongan.ac.id/
contents Kegiatan tadarus Al-Qur’an di SD Negeri Proyonanggan 14 Batang merupakan salah satu upaya pembiasaan pengamalan agama siswa sebagai upaya untuk menginternalisasikan nilai-nilai ajaran agama kepada diri siswa, sehingga siswa dapat menghayati dan mengamalkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Sebab lain yaitu siswa yang mempunyai latar belakang yang berbeda seperti siswa dari lingkungan keluarga yang agamis dengan siswa dari keluarga yang kurang agamis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peranan kegiatan tadarus Al-Qur’an dalam pembiasaan pengamalan agama siswa dan faktor-faktor pendukung dan penghambat kegiatan tadarus Al-Qur’an dalam pembiasaan pengamalan agama siswa kelas IV di SD Negeri Proyonanggan 14 Batang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan kegiatan tadarus Al-Qur’an dalam pembiasaan pengamalan agama siswa kelas IV di SD Negeri Proyonanggan 14 Batang dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat kegiatan tadarus Al-Qur’an dalam pembiasaan pengamalan agama siswa kelas IV di SD Negeri Proyonanggan 14 Batang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan data berupa analis deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan tadarus Al-Qur’an dalam pembiasaan pengamalan agama siswa kelas IV di SD Negeri Proyonanggan 14 Batang berjalan dengan baik. Ada pun peranan kegiatan tadarus Al-Qur’an dalam pembiasaan pengamalan agama yaitu siswa akan menjadi terbiasa untuk melakukan kegiatan tadarus Al-Qur’an, membentuk karakter siswa yang lebih baik, menyadarkan siswa bahwa kegiatan tadarus Al-Qur’an sebagai bentuk keimanan dan ketaqwaan siswa kepada Allah, melatih siswa untuk selalu datang tepat waktu agar dapat mengikuti kegiatan tadarus Al-Qur’an dengan baik, siswa dapat menghafal surat-surat pendek karena sering diulang-ulang, menciptakan suasana kelas yang tenang dan khidmat saat pelajaran dimulai. Siswa diarahkan agar menjadi pelaku agama yang baik, dapat menginternalisasikan nilai-nilai ajaran agama kepada diri siswa, sehingga siswa dapat mengamalkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan tadarus Al-Qur’an dalam pembiasaan pengamalan agama siswa dipengaruhi oleh dua faktor, pertama faktor pendukung yang mempengaruhi kegiatan tadarus Al-Qur’an yaitu adanya motivasi dan dukungan guru, orang tua, motivasi dalam diri siswa, keberadaan TPQ dan lingkungan masyarakat. Kedua faktor penghambat kegiatan tadarus Al-Qur’an yaitu pengetahuan guru tantang ilmu tajwid yang masih minim, perbedaan daya pikir anak dan pendidikan orang tua yang rendah.
id IOS2761.819
institution IAIN Pekalongan
institution_id 324
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Pekalongan
library_id 236
collection STAIN Pekalongan Electronic Local Content
repository_id 2761
subject_area Agama
Ekonomi
Hukum
city PEKALONGAN
province JAWA TENGAH
repoId IOS2761
first_indexed 2016-10-05T06:44:43Z
last_indexed 2016-10-05T06:44:43Z
recordtype dc
_version_ 1765831026591924224
score 17.538404