Daftar Isi:
  • Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan maka, penyelenggaraan pendidikan harus mampu meningkatkan mutunya. Mutu pendidikan dapat ditunjang dari berbagai aspek, salah satunya adalah metode pembelajaran. Metode pembelajaran melalui aktivitas pembelajaran secara aktif adalah card sort methode. Metode pembelajaran ini merupakan kegiatan kolaboratif yang bisa digunakan untuk mengajarkan konsep, karakteristik klasifikasi, fakta tentang objek atau mereviu informasi. Prinsip dari metode ini siswa dengan aktif mencari pasangan yang ia dapatkan dengan mencari kartu pasangannya tersebut pada kartu yang dibuat berserakan. Setelah mendapatkan pasangannya maka siswa mempresentasikan alasannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca dan menulis Alquran di TPQ Syafa’atul Muttaqien Kranji Kedungwuni? dan bagaimana penerapan card sort methode dalam pembelajaran membaca dan menulis Alquran di TPQ Syafa’atul Muttaqien Kranji Kedungwuni?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca dan menulis Alquran di TPQ Syafa’atul Muttaqien Kranji Kedungwuni dan menganalisis bagaimana penerapan card sort methode dalam pembelajaran membaca dan menulis Alquran di TPQ Syafa’atul Muttaqien Kranji Kedungwuni. Jenis penelitian yang dilakukan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif dengan memakai proses berpikir secara induktif. Hasil analisis menunjukkan bahwa tampak perbedaan antara penerapan model pembelajaran konvensional dengan card sort. Tampak adanya perubahanperubahan yang signifikan baik dari aspek keaktifan, kooperatif maupun perubahan-perubahan tingkah laku. Hasil tes mengalami kenaikan dimana siswa yang tadinya sulit menerima materi yang diterangkan setelah menggunakan card sort siswa menjadi mudah menerima materi yang diterangkan sehingga kemampuan membaca dan menulis Alquran mengalami peningkatan. Suasana kelas semakin bertambah semarak dan hidup.