ctrlnum 795
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/795/</relation><title>PERANAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK (STUDI KASUS DI MIS SAPUGARUT KECAMATAN BUARAN KABUPATEN PEKALONGAN)</title><creator>Rahmawati, Arina</creator><subject>130105 Primary Education</subject><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><subject>130313 Teacher Education and Professional Development of Educators</subject><description>Sebagai seorang pendidik, guru tidak hanya berperan dalam mengembangkan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional saja melainkan guru juga berperan dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak didiknya. Karena dengan kecerdasan spiritual tersebut diharapkan anak dapat berkembang seutuhnya. Mereka tidak hanya cerdas intelektual dan emosional, tetapi juga cerdas rohani.&#xD; Dalam penelitian ini,penulis memaparkan permasalahan tentang Bagaimana peranan guru di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan?, Bagaimana peranan guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan?,dan apa saja faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan, untuk mengetahui peranan guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah secara teoritis, sebagai pedoman bagi guru untuk menjadikan pertumbuhan dan perkembangan anak efektif melalui pembiasaan sikap, perilaku dan tindakan guna menggapai kecerdasan spiritual anak. Kemudian secara praktis, diharapkan dapat berguna bagi guru, orang tua maupun lembaga pendidikan.&#xD; Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field reseach). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metodewawancara,observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif deskriptif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peranan guru di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan sudah terlihat baik dalam perannya sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola, demonstrator, pembimbing, motivator maupun sebagai evaluator. Peranan guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan sudah baik, hal ini dapat dilihat dari berbagai cara yang dilakukan guru untuk mengembangkan kecerdasan spiritual anak di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Adapun faktor pendukung guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan, antara lain: Keluarga, lingkungan yang agamis dan pergaulan dengan teman yang baik. Dan yang menjadi factor penghambat guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan, antara lain pergaulan dengan teman yang nakal dan Internet yang tidak dipergunakan sebagaimana mestinya.</description><date>2014-10-29</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/795/1/1.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/795/2/2.%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/795/3/3.%20NOTA%20PEMBIMBING.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/795/4/4.%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/795/5/7.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/795/6/9.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/795/7/11.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/795/8/12.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/795/9/13.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/795/10/14.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/795/11/15.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/795/12/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Rahmawati, Arina (2014) PERANAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK (STUDI KASUS DI MIS SAPUGARUT KECAMATAN BUARAN KABUPATEN PEKALONGAN). Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://perpustakaan.stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>795</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rahmawati, Arina
title PERANAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK (STUDI KASUS DI MIS SAPUGARUT KECAMATAN BUARAN KABUPATEN PEKALONGAN)
publishDate 2014
topic 130105 Primary Education
130211 Religion Curriculum and Pedagogy
130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
url http://elc.stain-pekalongan.ac.id/795/1/1.%20COVER.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/795/2/2.%20PERNYATAAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/795/3/3.%20NOTA%20PEMBIMBING.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/795/4/4.%20PENGESAHAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/795/5/7.%20ABSTRAK.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/795/6/9.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/795/7/11.%20BAB%20I.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/795/8/12.%20BAB%20II.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/795/9/13.%20BAB%20III.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/795/10/14.%20BAB%20IV.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/795/11/15.%20BAB%20V.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/795/12/16.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/795/
http://perpustakaan.stain-pekalongan.ac.id/
contents Sebagai seorang pendidik, guru tidak hanya berperan dalam mengembangkan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional saja melainkan guru juga berperan dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak didiknya. Karena dengan kecerdasan spiritual tersebut diharapkan anak dapat berkembang seutuhnya. Mereka tidak hanya cerdas intelektual dan emosional, tetapi juga cerdas rohani. Dalam penelitian ini,penulis memaparkan permasalahan tentang Bagaimana peranan guru di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan?, Bagaimana peranan guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan?,dan apa saja faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan, untuk mengetahui peranan guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah secara teoritis, sebagai pedoman bagi guru untuk menjadikan pertumbuhan dan perkembangan anak efektif melalui pembiasaan sikap, perilaku dan tindakan guna menggapai kecerdasan spiritual anak. Kemudian secara praktis, diharapkan dapat berguna bagi guru, orang tua maupun lembaga pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field reseach). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metodewawancara,observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peranan guru di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan sudah terlihat baik dalam perannya sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola, demonstrator, pembimbing, motivator maupun sebagai evaluator. Peranan guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan sudah baik, hal ini dapat dilihat dari berbagai cara yang dilakukan guru untuk mengembangkan kecerdasan spiritual anak di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Adapun faktor pendukung guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan, antara lain: Keluarga, lingkungan yang agamis dan pergaulan dengan teman yang baik. Dan yang menjadi factor penghambat guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di MIS Sapugarut Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan, antara lain pergaulan dengan teman yang nakal dan Internet yang tidak dipergunakan sebagaimana mestinya.
id IOS2761.795
institution IAIN Pekalongan
institution_id 324
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Pekalongan
library_id 236
collection STAIN Pekalongan Electronic Local Content
repository_id 2761
subject_area Agama
Ekonomi
Hukum
city PEKALONGAN
province JAWA TENGAH
repoId IOS2761
first_indexed 2016-10-05T06:44:43Z
last_indexed 2016-10-05T06:44:43Z
recordtype dc
_version_ 1765831026249039872
score 17.538404