IMPLEMENTASI METODE MUḥĀDAṡAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS RIBATUL MUTA’ALIMIN KOTA PEKALONGAN (STUDI KASUS KELAS VIII)
Daftar Isi:
- MTs Ribatul Muta’alimin merupakan sekolah umum yang bercirikan agama. Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Metode yang digunakan salah satunya adalah Muḥādaṡah, Muḥādaṡah yaitu cara menyajikan bahan pelajaran bahasa Arab melalui percakapan , percakapan itu dapat terjadi antara guru dan murid atau murid dengan murid, sehingga dapat memperkaya kosa kata (Vocabulary).Awalnya pembelajaran bahasa Arab di MTs Ribatul Muta’alimin Kota Pekalongan adalah 3 jam pelajaran dalam satu minggu, yang dua jam untuk pelajaran bahasa Arab yang di dalamya praktek berbicara dan yang satu jam dikhususkan untuk hafalan mufrodat. Akan tetapi, karna tuntutan kurikulum 2013 mengharuskan pelajaran bahasa Arab menjadi 2 jam pelajaran setiap minggunya. Berangkat pada permasalahan di atas penulis merasa perlu untuk mengadakan penelitian tentang Implementasi Metode Muḥādaṡah dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Ribatul Muta’alimin Kota Pekalongan. Berdasar latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: (1) Bagaimana implementasi metode Muḥādaṡah dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Ribatul Muta’alimin (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam metode Muḥādaṡah dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Ribatul Muta’alimin Kota Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan metode Muḥādaṡah dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Ribatul Muta’alimin (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat metode Muḥādaṡah di MTs Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan. Penelitian ini secara teoritis diharapkan dapat menambah pengetahuan bagi penulis terutama ilmu pendidikan dan pengajaran bahasa Arab. Secara praktis penelitian ini diharapkan dapat memberikan kejelasan bagi peserta didik untuk dapat menumbuhkan keaktifan belajar dalam menimba ilmu sehingga diharapkan hasil belajar meningkat, khususnya bahasa Arab dan sebagai masukan untuk guru mata pelajaran untuk dapat meningkatkan kinerja dan profesionalisme dalam kegiatan metode Muḥādaṡah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reseach), sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan teknik analisis deskriptif dan menggunakan pola pikir induktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi metode Muḥādaṡah dalam pembelajaran bahasa Arab sudah berjalan semestinya,meskipun dalam kenyataan masih kurang yaitu masih campur dengan bahasa Indonesia dan juga dari segi waktu, evaluasi dengan tanya jawab dan maju berpasangan menghafalkan hiwār. Adapun mengenai kendala dapat dibenahi dan dicari solusinya yaitu dari penguasaan mufrodatjangan terlalu banyak. Kemudian, kurangnya waktu metode Muḥādaṡah dan latar belakang peserta didik yaitu dengan cara menambah waktu diluar jam dan memberi pengertian kepada peserta didik untuk dapat belajar setara dengan peserta didik lain dalam penggunaan bahasa Arab.