POLA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI TK MUSLIMAT NU JREBENGKEMBANG KECAMATAN KARANGDADAP KABUPATEN PEKALONGAN
Daftar Isi:
- Lahirnya era globalisasidipenghujung millennium keduainitelahmembukawawasandankesadaranmasyarakat yang diikutidenganmunculnyasejumlahharapandankecemasan.Harapandankecemasantersebutmerupakankonsekuensilogisdariadannyaperubahannilai, identitas, kepribadian, polapikir, sertakepentingandankeyakinansebagaiwujudterakumulasidanteradaptasibudayaheterogenitassecara global tanpaadanyasekat-sekat.Melihathaltersebut, menjadikehawatirantersendiribagiorangtuadanmasyarakatmengenaikehidupananak-anakdimasasekarangmaupunmasa yang akan dating. Hal inimencerminkanbahwatantanganmasakinidanmasadepan,terutama yang menyangkutkebutuhanhidupsecaramorilagamismaupunmateriildansebagai factor yang mempengaruhinyatelahmendudukitempatteratasdalamkehidupanmasyarakat. UntukituPendidikan Agama Islam menjadisangatpentingdiajarkankepadaanak-anaksejakusiadinidimanausiadinimerupakanusiaemasbagianak-anakuntukmenerimadanmenyerapapapun yang diajarkan. DenganmenjadikanPendidikan Agama Islam sebagaifondasidalamkehidupananakmakaakanmenjadi filter alamipadadirianakkedepannyadalammenerimaberbagaimacamlingkungandisekelilingnya. Berdasarkanlatarbelakangtersebutpenelitianinimengangkatpermasalahan; BagaimanaPolaPendidikan Agama Islam sebagaiupayamembentukkarakteranak di TK Muslimat NU JrebengkembangKecamatanKarangdadapKabupatenPekalongan.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpolaPendidikan Agama Islam sebagaiupayamembentukkarakteranak di TK Muslimat NU JrebengkembangKecamatanKarangdadapKabupatenPekalongan.KegunaandaripenelitianinisecarateoritisuntukmenambahwawasantentangpolaPendidikan Agama Islam di Taman Kanak-Kanak.MenambahsumbangsihpemikirandalampengembanganPendidikan Agama Islam padapendidikananakusiadini. Kegunaanpraktispenelitianinidapatmenjadibahanmasukanuntuklebihmeningkatkankualitaspendidikan di TK Muslimat NU Jrebengkembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dilakukan terhadap data yang berupa informasi, uraian dalam bentuk bahasa prosa kemudian dikaitkan dengan data lainnya untuk mendapatkan kejelasan terhadap suatu viii kebenaran, sehingga memperoleh gambaran baru ataupun menguatkan suatu gambaran yang sudah ada. Jadi bentuk analisis ini merupakan penjelasan-penjelasan bukan berupa angka-angka statistik atau bentuk angka lainnya.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan di tempat terjadinya gejala-gejala yang diselidiki. HasilpenelitianmenujukkanbahwapolaPendidikan Agama Islamsebagaiupayamembentukkarakteranakdi TK Muslimat NU Jrebengkembangdibentukmelaluikomponen-komponenpendidikan yang meliputipertama;kurikulum, kedua;pendekatan, ketiga; model pembelajaran, kempat; metodepembelajaran;kelima;teknikpenilaian. Di TK Muslimat NU JrebengkembangmenjadikanPendidikan Agama Islam sebagaisumberdasaruntukmembentukkarakteranak.Nilai-nilai Agama Islam diintegrasikandengankomponen-komponensistempendidikan di TK Muslimat NU Jrebengkembang.Dari pendekatanpembelajaran, model pembelajaran, metodepembelajaran, kurikulum, hinggapenilaian.Adapunkarakter yang terbentuk di TK Muslimat NU Jrebengkembangantaralain; religius, jujur, toleransi, mandiri, demokratis, rasa ingintahu, citatanah air, menghargaiprestasi, bersahabat/komunikatif, pedulilingkungan, pedulisosial, tanggungjawab.