KINERJA PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DI KECAMATAN BUARAN KABUPATEN PEKALONGAN
Daftar Isi:
- Profesi pada dasarnya adalah pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang dengan persyaratan-persyaratan tertentu. Oleh sebab itu acuannya adalah tugas pokok dan kegiatan. Untuk pengawas pendidikan agama profesi yang digelutinya adalah sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kebijaksanaan teknis lainnya yang telah ditetapkan. Keadaan pengawas pada saat ini, nampaknya sudah cukup baik, akan tetapi masih terbuka kemungkinan-kemungkinan untuk lebih ditingkatkan lagi. Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengangkat judul Kinerja Pengawas Dalam Meningkatkan Kualitas Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan, dengan rumusan masalah: Bagaimana kemampuan profesional dalam bidang teknis pendidikan/akademik Pengawas Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan?, Bagaimana pencapaian kualitas Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan?, Bagaimana kinerja Pengawas dalam meningkatkan kualitas Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena peneliti berminat menganalisis tentang kinerja Pengawas dalam meningkatkan kualitas Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data di lapangan model Miles and Huberman. Analisis dalam penelitian ini dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu. Hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat diketahui bahwa Kemampuan profesional dalam bidang teknis pendidikan/akademik Pengawas Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan sudah baik. Secara umum kualitas guru MI di Buaran sudah baik. Mulai dari sisi akhlak, kedisiplinan, cara mengajar, cara menilai peserta didik, telaten dalam mengajar, kelengkapan administrasi, dan sebagainya. Kinerja Pengawas dalam Meningkatkan Kualitas Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan sudah baik, karena dilihat dari berbagai aspek antara lain: melaksanakan KKMI, melaksanakan supervisi secara berkala ke MI, melaksanakan bimbingan secara individual, melaksanakan penilaian kepada guru, mengikuti workshop/penataran, sosialisasi workshop/penataran, supervisi kelas, dan mengadakan rapat Pokjawas Kab. Pekalongan.