ctrlnum 774
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/774/</relation><title>UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 03 MOJO KECAMATAN ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG.</title><creator>Kasbolah, Mukhammad</creator><subject>130105 Primary Education</subject><subject>130313 Teacher Education and Professional Development of Educators</subject><description>Guru merupakan faktor yang sangat dominan dan paling penting dalam pendidikan untuk mencapai tujuan pembelajaran di sekolah. Kemampuan guru dalam mengajar di dalam proses pembelajaran guna mencapai tujuan pendidikan merupakan indikator keberhasilan proses belajar mengajar siswa. Agar di dalam melaksanakan tugasnya dapat berjalan secara baik sesuai dengan profesi yang dimilikinya, untuk mewujudkan hal tersebut, guru perlu menguasai berbagai hal sebagai bekal kompetensi yang dimilikinya.&#xD; Kedudukan guru sebagai tenaga profesional mengandung arti bahwa pekerjaan guru hanya dapat dilakukan oleh seseorang yang mempunyai kualifikasi akademik, kompetensi, dan sertifikat pendidik sesuai dengan persyaratan untuk setiap jenis dan jenjang pendidikan tertentu. Sedangkan kompetensi guru adalah suatu kemampuan tertentu yang dimiliki guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Guru sebagai tenaga profesional haruslah memiliki empat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian.Tiap- tiap pribadi guru haruslah memahami, memiliki, dan menguasai, keempat kompetensi dasar tersebut. Barulah guru tersebut dapat dikatakan sebagai sosok guru yang profesional. Namun dalam realitanya masih banyak guru yang belum, atau hanya ditunjang oleh sebagian saja dari keempat kompetensi tersebut.&#xD; Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru serta upaya guna meningkatkan kompetensi guru pada SDN 03 Mojo Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Adapun Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan berdasarkan sumber data, data dalam penelitian ini ada dua, yaitu data primer dan data skunder. Adapun data primer yang diperoleh oleh peneliti adalah dari hasil wawancara dengan Kepala Sekolah, Guru dan Ketua Komite SDN 03 Mojo Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang, sedangkan data skunder diperoleh dari arsip, serta dokumen yang diperoleh peneliti. Adapun Tehnik pengambilan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan tehnik dokumentasi&#xD; Berdasarkan hasil penelitian, Kompetensi yang dimiliki oleh guru di SDN 03 Mojo Kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang, masih kurang. Dikatakan demikian karena, tidak semua guru memiliki latar belakang pendidikan ilmu keguruan. Adapun yang berkaitan dengan guru yang mengajar mata pelajaran PAI, dalam hal kompetensi yang dimiliki masihlah memiliki kekurangan, karena pendalaman ilmu agamanya yang kurang.</description><date>2014-07-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/774/1/1.COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/774/2/2.PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/774/3/3.NOTA%20DINAS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/774/4/4.PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/774/5/7.ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/774/6/9.DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/774/7/10.BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/774/8/11.BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/774/9/12.BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/774/10/13.BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/774/11/14.BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://elc.stain-pekalongan.ac.id/774/12/15.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Kasbolah, Mukhammad (2014) UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 03 MOJO KECAMATAN ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan. </identifier><relation>http://perpustakaan.stain-pekalongan.ac.id/</relation><recordID>774</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Kasbolah, Mukhammad
title UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 03 MOJO KECAMATAN ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG
publishDate 2014
topic 130105 Primary Education
130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
url http://elc.stain-pekalongan.ac.id/774/1/1.COVER.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/774/2/2.PERNYATAAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/774/3/3.NOTA%20DINAS.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/774/4/4.PENGESAHAN.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/774/5/7.ABSTRAK.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/774/6/9.DAFTAR%20ISI.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/774/7/10.BAB%20I.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/774/8/11.BAB%20II.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/774/9/12.BAB%20III.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/774/10/13.BAB%20IV.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/774/11/14.BAB%20V.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/774/12/15.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elc.stain-pekalongan.ac.id/774/
http://perpustakaan.stain-pekalongan.ac.id/
contents Guru merupakan faktor yang sangat dominan dan paling penting dalam pendidikan untuk mencapai tujuan pembelajaran di sekolah. Kemampuan guru dalam mengajar di dalam proses pembelajaran guna mencapai tujuan pendidikan merupakan indikator keberhasilan proses belajar mengajar siswa. Agar di dalam melaksanakan tugasnya dapat berjalan secara baik sesuai dengan profesi yang dimilikinya, untuk mewujudkan hal tersebut, guru perlu menguasai berbagai hal sebagai bekal kompetensi yang dimilikinya. Kedudukan guru sebagai tenaga profesional mengandung arti bahwa pekerjaan guru hanya dapat dilakukan oleh seseorang yang mempunyai kualifikasi akademik, kompetensi, dan sertifikat pendidik sesuai dengan persyaratan untuk setiap jenis dan jenjang pendidikan tertentu. Sedangkan kompetensi guru adalah suatu kemampuan tertentu yang dimiliki guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Guru sebagai tenaga profesional haruslah memiliki empat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian.Tiap- tiap pribadi guru haruslah memahami, memiliki, dan menguasai, keempat kompetensi dasar tersebut. Barulah guru tersebut dapat dikatakan sebagai sosok guru yang profesional. Namun dalam realitanya masih banyak guru yang belum, atau hanya ditunjang oleh sebagian saja dari keempat kompetensi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru serta upaya guna meningkatkan kompetensi guru pada SDN 03 Mojo Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Adapun Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan berdasarkan sumber data, data dalam penelitian ini ada dua, yaitu data primer dan data skunder. Adapun data primer yang diperoleh oleh peneliti adalah dari hasil wawancara dengan Kepala Sekolah, Guru dan Ketua Komite SDN 03 Mojo Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang, sedangkan data skunder diperoleh dari arsip, serta dokumen yang diperoleh peneliti. Adapun Tehnik pengambilan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan tehnik dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian, Kompetensi yang dimiliki oleh guru di SDN 03 Mojo Kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang, masih kurang. Dikatakan demikian karena, tidak semua guru memiliki latar belakang pendidikan ilmu keguruan. Adapun yang berkaitan dengan guru yang mengajar mata pelajaran PAI, dalam hal kompetensi yang dimiliki masihlah memiliki kekurangan, karena pendalaman ilmu agamanya yang kurang.
id IOS2761.774
institution IAIN Pekalongan
institution_id 324
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Pekalongan
library_id 236
collection STAIN Pekalongan Electronic Local Content
repository_id 2761
subject_area Agama
Ekonomi
Hukum
city PEKALONGAN
province JAWA TENGAH
repoId IOS2761
first_indexed 2016-10-05T06:44:43Z
last_indexed 2016-10-05T06:44:43Z
recordtype dc
_version_ 1765831026141036544
score 17.538404