PERANAN METODE KARYAWISATA (FIELD- TRIP) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR ANAK USIA DINI DI PAUD ANNISA PEKAJANGAN KEDUNGWUNI PEKALONGAN
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran pada hakekatnya untuk mengembangkan aktivitas dan kreativitas peserta didik melalui berbagai interaksi dan pengalaman belajar. Keaktifan belajar peserta didik merupakan unsur dasar yang penting bagi keberhasilan proses pembelajaran. Setiap pendidik akan menggunakan metode sesuai gaya melaksanakan kegiatan yang mempunyai cara yang khas, seperti halnya metode karyawisata yang dilaksanakan di PAUD Annisa, pendidik di sana beranggapan bahwa melalui metode tersebut dapat membangkitkan minat anak terhadap sesuatu hal sehingga membuat anak semakin aktif dalam pembelajarannya. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan metode karyawisata di PAUD Annisa Pekajangan Kedungwuni Pekalongan? bagaimana keaktifan anak usia dini di PAUD Annisa Pekajangan Kedungwuni Pekalongan? bagaimana peranan metode karyawisata dalam meningkatkan keaktifan belajar pada anak usia dini di PAUD Annisa Pekajangan Kedungwuni Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode karyawisata yang ada di PAUD Annisa Pekajangan Kedungwuni Pekalongan, untuk mendeskripsikan keaktifan belajar anak di PAUD Annisa Pekajangan Kedungwuni Pekalongan, untuk mengetahui peranan metode karyawisata dalam meningkatkan keaktifan belajar anak usia dini di PAUD Annisa Pekajangan Kedungwuni Pekalongan. Kegunaan teoritis untuk menambah wawasan keilmuan dalam memahami metode karyawisata dan keaktifan belajar anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah lapangan (Field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah PAUD Annisa Pekajangan Kedungwuni Pekalongan. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan karyawisata di PAUD Annisa Pekajangan ialah sebagai hiburan ketika anak mengalami kejenuhan belajar dalam ruang kelas terus menerus. Sehingga dengan adanya metode karyawisata ini anak akan lebih banyak beraktivitas dan mempelajari hal-hal yang belum mereka jumpai. Melalui karyawisata anak usia dini mendapat kesempatan untuk menumbuhkan minat anak kepada sesuatu hal, memperluas perolehan informasi, pengetahuan, memperluas wawasan, meningkatkan kemampuan hidup bermasyarakat, juga memperkaya lingkup progam kegiatan belajar PAUD yang tidak mungkin dihadirkan di dalam kelas.