Daftar Isi:
  • Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya tumbuh dan berkembang secara optimal. Dengan demikian, anak akan menjadi pribadi sempurna dan memenuhi harapan-harapan orangtua. Salah satu caranya dengan diajari membaca sejak usia didni. Sebenarnya, proses belajar membaca pada anak sudah bisa dilaksanakan sedini mungkin. Hal ini selaras dengan tingkat kemampuan anak dalam melakukan orientasi terhadap dunia luar. Sifat eksploratif pada anak adalah salah satu sifat positif untuk mengembangkan kemampuan membaca dan menanamkan agar senang membaca. Keluarga merupakan tempat yang utama dan pertama dalam mendidik anak, namun jaman sekarang dengan berbagai faktor maka lembaga pendidikan anakpun dibutuhkan. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu diantaranya, (1) Bagaimana penggunaan pembelajaran membaca dengan metode buku Anak Islam Suka Membaca di TK Islam Plus Dhiyaul Fatihin? (2) Bagaimana kemampuan membaca di TK Islam Plus Dhiyaul fatihin? (3) Bagaimanakah efektifitas penggunaan pembelajaran membaca dengan metode buku Anak Islam Suka Membaca dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik di TK Islam Plus Dhiyaul Fatihin?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan pembelajaran membaca dengan metode buku “Anak Islam Suka Membaca di TK Islam Plus Dhiyaul Fatihin Kota Pekalongan, untuk mengetahui kemampuan membaca peserta didik di TK Islam Plus Dhiyaul Fatihin Kota Pekalongan, dan untuk mengetahui efektifitas penggunaan pembelajaran membaca dengan metode buku “Anak Islam Suka Membaca” dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta Didik di TK Islam Plus Dhiyaul Fatihin Kota Pekalongan. Manfaat penelitian ini diharapkan menambah wawasan baru tentang metode yang tepat untuk mendidik anak usia dini dan meningkatkan kemampuan membaca peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah interviu (wawancara), observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini dapat diketahui Penggunaan pembelajaran membaca dengan metode buku “Anak Islam Suka Membaca” sudah sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Pendekatan dalam pembelajaran membaca dengan buku “Anak Islam Suka Membaca” di TK Islam Plus Dhiyaul Fatihin yaitu pendekatan metode suku kata. Evaluasi yang dilakukan oleh pendidik adalah dengan portofolio melalui pengamatan dan tanya jawab. TK Islam Plus Dhiyaul Fatihin mengadakan pertemuan tiga bulan sekali dengan wali murid. Dengan tujuan untuk memotivasi orang tua peserta didik dan adanya kerjasama orang tua peserta didik dengan pihak sekolah. Berdasarkan perhitungan jumlah prosentase ketuntasan, menunjukkan bahwa proporsi ketuntasan hasil kemampuan membaca peserta didik di TK Islam Plus Dhiyaul Fatihin yang berkriteria tuntas sebanyak 70 peserta didik (69,3%), sementara yang berkriteria tidak tuntas sebanyak 31 peserta didik (30,7%). Hasil kemampuan membaca peserta didik dengan metode “Anak Islam Suka Membaca”di TK Islam Plus Dhiyaul Fatihin Kota Pekalongan dikatakan berhasil dan cukup efektif dengan prosentasi ketuntasan belajar 69,3%. Dengan ketuntasan hasil belajar tersebut mengindikasikan bahwa kegiatan pembelajaran dengan metode buku “Anak Islam Suka Membaca” termasuk kategori cukup baik atau cukup efektif.